10 Contoh Teks Fiksi Berbagai Tema Beserta Strukturnya, Cocok untuk Tugas Sekolah

Jum'at, 13 September 2024 - 16:01 WIB
loading...
10 Contoh Teks Fiksi...
Teks Fiksi merupakan sebuah teks yang menyampaikan cerita berdasarkan imajinasi atau khayalan dari penulis. Foto/Freepik.
A A A
JAKARTA - Teks fiks i merupakan sebuah teks yang menyampaikan cerita berdasarkan imajinasi atau khayalan dari penulis. Berikut ini 10 contoh teks fiksi yang bisa dipelajari.

Menurut Trim (2014), teks fiksi merupakan sebuah cerita yang tidak benar-benar terjadi. Biasanya cerita Fiksi dibuat oleh karangan atau imajinasi penulis tersebut.

Baca juga: 10 Contoh Teks Eksemplum Beserta Strukturnya, Mudah Dipahami

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), teks fiksi bertujuan untuk menghibur dan menggungah emosi pembaca. Teks Fiksi bisa berupa novel, pusisi, cerpen dan drama.

Berikut adalah 10 contoh teks fiksi berbagai tema beserta strukturnya, dikutip dari berbagai sumber.

10 Contoh Teks Fiksi Berbagai Tema Beserta Strukturnya

1. Contoh Teks Fiksi tentang Lorong Waktu


Orientasi:

Ketika saya sudah merasa akan ketidakpuasan terhadap suatu hal, maka saat itu juga saya mencoba dan menciptakan hal baru. Saya menciptakan sesuatu yang belum pernah dicoba sebelumnya atau belum diketahui banyak orang. Saya juga menyadari akan kerasnya dari keinginanku untuk mewujudkan hal tersebut.

Urutan Kejadian:

Pada akhirnya, aku menciptakan penemuanku dan berharap ke depannya teknologi ini akan dipakai seluruh dunia. Penemuan ini aku beri nama lorong waktu. Teknologi lorong waktu berbentuk seperti lorong yang panjang dan dapat pemnjelajah masa lalu bahkan masa depan.

Reorientasi:

Itulah sebabnya, aku dapat mengetahui apa yang akan terjadi di masa depan dan masa lalu melalui lorong waktu ini dan orang lain pun tidak mengetahui akan keberadaan teknologi canggih tersebut.
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1835 seconds (0.1#10.140)