Mengenal Teks Tanggapan: Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis, Struktur, Kaidah Kebahasaan, dan Contohnya

Minggu, 27 Oktober 2024 - 09:30 WIB
Untuk membuat tanggapan menjadi lebih kredibel, perlu disertakan fakta dan data yang relevan. Fakta dan data ini berfungsi sebagai bukti untuk mendukung pendapat atau argumen yang disampaikan.

Meskipun sedang menyampaikan kritik, bahasa yang digunakan harus tetap santun dan sopan.

Contoh: “Menurut saya, penulis perlu memperbaiki alur cerita agar lebih logis. Buku ini terlalu banyak menggunakan kata-kata yang berbelit-belit sehingga sulit dipahami, terutama pada bab ketiga.”

3. Gunakan kalimat saran di akhir paragraf



Setelah menyampaikan pendapat atau kritik, sebaiknya diakhiri dengan memberikan saran atau masukan untuk perbaikan. Saran yang disampaikan harus konstruktif dan bermanfaat.

Contoh: “Film ini sangat membosankan. Namun, jika alur ceritanya diperbaiki dan karakter-karakternya dikembangkan lebih lanjut, film ini akan menjadi lebih menarik.”

Contoh Teks Tanggapan

Jakarta Sebagai Salah Satu Kota Termacet di Dunia



Dari dulu saya selalu menganggap bahwa Jakarta itu lebih identik sebagai kota yang macetnya dimana-mana, meskipun sekarang juga pasti masih ada aja kadang kemacetan yang kita temui di jalan. Sebagai salah satu pengguna transportasi umum, tentunya keberadaan Transjakarta dan juga MRT sudah sangat memudahkan kami yang mengandalkan transportasi umum untuk bepergian.

Namun, jika adanya MRT dan Transjakarta tetap tidak mengurangi kemacetan, tentunya membuat saya tidak nyaman, karena akan menghabiskan terlalu banyak waktu di perjalanan, sehingga hal ini dapat menyebabkan makin banyak orang-orang yang beralih ke kendaraan pribadi agar bisa menggunakan tol.

Dilansir dari Instagram resmi dari Pemprov DKI Jakarta, pada tahun 2020 akhirnya Jakarta keluar dari urutan 10 kota termacet di dunia versi TomTom Traffic Index dan berada di peringkat ke-31 dari total 416 kota. Sebuah pencapaian yang tentunya bisa kita banggakan, bahwa Jakarta semakin membaik dalam mengatasi kemacetan.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More