EdHeroes Asia Indonesia Chapter: Cara Pandang Guru di Era Digital Perlu Diubah

Selasa, 19 Oktober 2021 - 19:39 WIB
"Kita perlu mengubah mindset guru dan cara kita mengajar anak-anak. Kita perlu bergerak mengikuti mereka demi mendampingi mereka. Anda tak perlu menjadi super pintar, tapi anda hanya perlu memotivasi mereka. Motivasi adalah kunci untuk belajar apapun," ungkapnya.

Ministrial Talk merupakan pembahasan pada track 4, salah satu topik yang diangkat adalah Strategi Pemerintah untuk Mencapai Tujuan Indonesia. Untuk mencapai generasi emas Indonesia tahun 2045, ada 4 pilar, yaitu pembangunan manusia dan IPTEK, pertumbuhan ekonomi berkelanjutan, pembangunan merata, dan penguatan ketahanan dan tata kelola nasional.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia juga akan terus membaik, yang ditopang oleh sektor investasi dan perdagangan, industri, pariwisata, dan jasa. Selain itu, Indonesia juga akan mengupayakan pemerataan fasilitas kerja sama dari berbagai sektor untuk mencapai tujuan bersama.

“Untuk mempersiapkan masa depan emas Indonesia menuju seratus tahun kemerdekaan Indonesia terdapat empat pilar, pertama adalah pengembangan teknologi manusia dan sains, kedua adalah pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, dan ketiga sama-sama menyebarkan pembangunan dan keempat adalah penguatan nasional ketahanan dan pemerintahan.” jelas Heldy Satrya Putra sebagai Special Advisor for Investment Competitiveness Enhacement.

Dan track terakhir yang diisi oleh beberapa di antaranya adalah Kalis Mardiasih, Taufan Teguh Akbari, Matin Ling, Faruq Ibnul Haqi tidak kalah menarik karena membahas Education Reformes.

Para pembicara tersebut memaparkan bahwa rasa ingin tahu merupakan sifat yang sangat penting bagi manusia terutama bagi generasi muda. Untuk tumbuh, beradaptasi, memiliki pemahaman yang lebih baik tentang semangat atau dorongan dan kemauan untuk tidak pernah berhanti belajar, salah satunya adalah dengan rasa ingin tahu.

Motivasi diri dan sistem pendukung (sebagai orang tua, sistem sekolah/pendidikan, guru, teman) juga memainkan peran besar dalam menciptakan dorongan “rasa ingin tahu” itu. Bersikaplah terbuka dan hargai budaya serta pengalaman yang berbeda. Tentukan di mana kita ingn maju dan percaya bahwa kita memiliki apa yang diperlukan untuk menjadi sukses di masa depan.
(mpw)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More