Milenial Mau Buka Usaha, Ini 5 Ide Bisnis Kekinian yang Minim Modal

Jum'at, 31 Desember 2021 - 15:12 WIB
Mungkin kamu bisa mengawali bisnis ini sendiri dan kelak jika klienmu bertambah, kamu bisa merekrut tim dan mengembangkan bisnismu. Melihat maraknya penggunaan media sosial sebagai ladang marketing, prospek bisnis ini cukup menjanjikan ke depannya.

2. Fotografi

Jika dulu jasa fotografi memerlukan peralatan fotografi profesional berbanderol jutaan rupiah, kini kamu bisa menjual foto yang dijepret dengan kamera hanphone. Hasil jepretan ini bisa kamu jual di microstock seperti ShutterStock, Pixabay, dll. Komisi pun bisa mengalir ke kantongmu setiap kali foto diunduh dari platform tersebut.

Selain menjual foto melalui platform microstock, kamu juga bisa menawarkan jasa fotografi produk untuk pelaku usaha. Pasalnya, kini banyak pelaku usaha yang membutuhkan foto produk untuk diposting di akun media sosial mereka.

3. Video Production

Bisnis yang satu ini sangat cocok buat yang suka shooting dan editing video. Kini jasa video maker maupun video editor banyak dibutuhkan oleh perusahaan yang memposting konten di YouTube, Instagram, maupun Tiktok.

Kalau kamu mahir dalam hal ini, kenapa tidak dijadikan bisnis saja? Yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini adalah gadget untuk mengambil video dan video editing software.

Bagaimana jika kamu belum mahir dalam shooting maupun editing video? Tidak perlu khawatir karena kamu bisa menemukan tutorialnya di internet maupun mengikuti kursus videography.

4. Jasa Les Privat

Kondisi pandemi mengubah pembelajaran konvensional menjadi pembelajaran jarak jauh. Tak bisa dipungkiri, kondisi ini justru meningkatkan kebutuhan akan guru privat. Pasalnya, tidak semua anak bisa belajar secara mandiri di rumah sedangkan orang tua tidak selalu punya waktu untuk menemani belajar.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More