Tips Menggunakan Internet yang Aman, Nomor 2 Paling Bahaya

Kamis, 20 Januari 2022 - 17:51 WIB
3. Jangan Masuk Melalui Tautan Tidak Resmi

Pernahkah kalian mendapat tautan dari seseorang atau grup dan mengarah pada web asing? Jika iya maka kalian perlu mewaspadai karena bisa jadi tautan tersebut ditunjukkan untuk membobol data dalam perangkat. Bahaya lain yang mungkin terjadi adalah pengambil alihan media sosial oleh oknum peretas. Media sosial kalian bisa disalahgunakan untuk mengunggah sesuatu yang tidak seharusnya. Tentu saja hal tersebut akan merusak citra dan nama baik kalian sendiri.

Tautan tidak resmi juga bisa mempengaruhi koneksi internet kalian. Hal ini berasal dari virus yang ditanamkan pada situs tersebut. Saat virus menyerang, perangkat kalian akan terkunci dan hanya bisa dibuka jika kalian membayarnya terlebih dahulu. Kondisi jadi makin rumit jika kalian membutuhkan data tersebut sesegera mungkin karena backup tentu butuh waktu yang tidak sebentar.

4. Ganti Kata Sandi Secara Berkala

Penggunaan kata sandi yang sama dalam rentang waktu lama sagat rawan peretasan. Apalagi jika kata sandi kalian memiliki tingkat kerumitan yang rendah, bisa jadi peretas dapat dengan mudah mengakses akun kalian. Hal itu dapat disiasati dengan mengganti kata sandi secara berkala. Apabila rajin mengganti kata sandi maka oknum yang mengincar akun kalian akan sulit memanipulasinya. Sebagaimana kalian ketahui bahwa zaman sekarang mudah bagi oknum melakukan manipulasi kata sandi.

5. Gunakan Antivirus Resmi

Seperti perangkat keras pada umumnya, perangkat lunak juga perlu pelindung berupa antivirus. Antivirus berguna untuk proteksi terhadap virus-virus yang mungkin menyerang saat kalian berselancar di internet. Situs yang kalian kunjungi bisa saja mentransfer virus sehingga membahayakan perangkat komputer. Terkadang beberapa oknum sengaja menaruh virus di website agar pengunjung yang masuk terkena dampaknya. Bahayanya virus tersebut bisa membuat data kalian rusak bahkan sampai hilang.

Namun, perlu diketahui jika antivirus yang digunakan harus berasal dari situs resmi. Hal itu berguna untuk menghindari kemungkinan software komputer mengalami kerusakan. Kerusakan yang timbul akan sangat mengganggu kinerja kalian nantinya, yang lebih parah lagi antivirus tidak resmi tidak akan memberi jaminan keamanan secara menyeluruh. Beberapa antivirus yang bisa kalian gunakan seperti Avira Antivirus, Kaspersky, atau Malwarebytes.

6. Miliki Backup Data

Zaman sekarang ini jika kalian tidak memiliki backup data akan sangat menyulitkan. Misalnya saja data mengalami kerusakan atau lebih parahnya lagi hilang, maka imbasnya juga fatal terhadap kinerja dan waktu yang sudah kalian luangkan. Kalian perlu melakukan backup data secara berkala untuk memudahkan pemulihan dan pengembaliannya. Manfaat backup data ini bisa membuat kalian merasa aman dari peretas tidak bertanggung jawab yang mungkin berniat menghilangkannya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More