Antusias, Ribuan Mahasiswa UI Ikuti Sosialisasi Program MBKM IISMA 2022

Jum'at, 28 Januari 2022 - 08:54 WIB
Lebih dari 1000 peserta hadir secara daring mengikuti sosialisasi program MBKM IISMA Angkatan 2. Foto/Dok/Humas UI
JAKARTA - Lebih dari 1000 peserta hadir secara daring mengikuti sosialisasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Indonesian International Student Mobility Awards ( IISMA ) Angkatan 2. Program MBKM IISMA yang digagas oleh Kemendikbudristek pada 2021 telah memberangkatkan hampir 1.000 mahasiswa ke luar negeri untuk belajar.

Kepala Center For Independent Learning UI , F. Astha Ekadiyanto , M.Sc, menjelaskan bahwa terdapat beberapa poin penting dari industrial revolution 4.0 education. Di antaranya, global citizen skills, innovation and creativity skills, technology skills, interpersonal skills, personalized and self-paced learning, accessible and inclusive learning, problem-based and collaborative learning, dan lifelong and student-driven learning.



“Alasan untuk mengikuti IISMA tentu saja insentifnya selama ini, yakni recognition Satuan Kredit Semester (SKS), dan itu sudah dicanangkan 20 SKS, mempelajari kursus yang Anda minati, study at top universities, experience new culture, develop international networking yaitu Anda berinteraksi bukan hanya dengan dosen dan universitas tersebut tetapi juga dengan mahasiswa yang merupakanteman-teman Anda, dan develop competencies 'for' the future,” ujarnya.

Wakil Ketua Program MBKM Kemendikbudristek Junaidi menyampaikan bahwa Kemendikbudristek menyelenggarakan empat kegiatan belajar luar kampus yang diminati 300.000 lebih mahasiswa dari 2.000 lebih perguruan tinggi di Indonesia.

Pertama, magang dan studi independen yang diminati oleh 12.000 lebih mahasiswa. Kedua, IISMA yang diminati oleh 900 lebih mahasiswa. Ketiga, pertukaran mahasiswa merdeka yang diminati oleh 8.000 lebih mahasiswa. Terakhir, kampus mengajar yang diminati oleh 20.000 lebih mahasiswa.



IISMA adalah bagian dari kegiatan kampus merdeka, berupa beasiswa dari pemerintah Indonesia untuk mendanai mahaswa Indonesia di universitas terbaik di luar negeri. Syarat mengikuti program IISMA antara lain adalah active undergraduate students, good english proficiency, nominated by home university, dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimum 3.0.

Beberapa tahapan yang harus dilalui untuk mendaftarkan diri pada program IISMA adalah mencari universitas dan kursus melalui platform IISMA, mendapat surat rekomendasi dari wakil rektor, mengisi formulir melalui platform IISMA, mengecek jika mendapat sesi proses wawancara, menghadiri sesi wawancara sesuai jadwal, mengecek jika lulus seleksi wawancara, dan dinominasikan sebagai penerima penghargaan.

Direktur Kemahasiswaan UI, Badrul Munir, Ph.D., menyampaikan bahwa pendaftaran aplikasi mahasiswa ke platform IISMA DIKTI adalah dari 1-31 Maret 2022, sedangkan pendaftaran internal di UI dari 1-28 Februari 2022. Dukungan UI untuk IISMA MBKM 'berupa' sosialisasi dan informasi, bantuan persiapan bahasa Inggris, support untuk proses submission, persiapan keberangkatan, monitoring studi dan kepulangan, serta transfer SKS.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More