Calon Mahasiswa, Ini 10 Jurusan IPS Paling Diminati di SNMPTN-SBMPTN 2021

Rabu, 16 Februari 2022 - 14:47 WIB
Saat lulus menjadi mahasiswa jurnalistik nanti, kamu juga bisa menjalani berbagai profesi seperti wartawan TV, koran, atau radio, editor media, konten kreator, analisis media, peneliti, dan profesi-profesi lainnya.

6. Jurusan Ilmu Politik

Kalau jurusan kuliah untuk anak IPS yang satu ini cocok banget bagi mereka yang ingin menjadi anggota parlemen atau politisi. Ilmu politik adalah bidang yang sangat menarik untuk ditekuni karena akan mempelajari berbagai mata kuliah seperti sosiologi, antropologi, Hak Asasi Manusia (HAM) juga sistem politik luar negeri.

Meskipun terdengar berat, tapi peluang karir yang ada di jurusan ilmu politik ini tidak hanya membawa lulusannya menjadi politikus saja, dengan minat dan bakat yang cukup lulusannya bisa menjadi analisis politik, dosen, peneliti, pengamat politik, bahkan berkarya di bidang lain seperti ekonomi dan bisnis.

7. Jurusan Sosiologi

Jurusan kuliah untuk anak IPS yang selanjutnya adalah jurusan ilmu sosiologi. Ilmu sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang interaksi antara satu orang dengan yang lainnya serta bagaimana sebuah struktur sosial terbentuk di dalam masyarakat.

Lulus sebagai mahasiswa sosiologi, pastinya akan lebih banyak mendedikasikan diri untuk membantu masyarakat, seperti dosen atau peneliti, bergabung dengan lembaga-lembaga sosial, dan profesi lain yang berkaitan dengan pembangunan sosial.

8. Jurusan Ilmu Hukum

Jurusan Ilmu Hukum merupakan jurusan dengan prospek kerja yang sangat cemerlang dan familiar. Tidak heran kalau jurusan ilmu Hukum punya banyak banget peminatnya. Ilmu hokum akan memberi mahasiswanya ilmu mengenai hukum pidana dan perdata, hukum pajak, hukum internasional, filsafat hukum, hukum dagang, dan lain-lainnya.

9. Jurusan Administrasi Fiskal
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More