Jaring Siswa Madrasah Berprestasi, PTKIN dan Kanwil Kemenag Diminta Kolaborasi

Selasa, 08 Maret 2022 - 19:53 WIB
Sekjen Kemenag Nizar Ali saat memberikan sambutan Raker Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis). FOTO/IST
JAKARTA - Kolaborasi antara Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dengan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama perlu menjadi prioritas guna membangun pendidikan Islam yang integratif dan kompetitif. Rektor dan Kepala Kanwil harus menjalin komunikasi dalam menjaring siswa-siswi berprestasi dari lembaga pendidikan di bawah Kemenag.

Sekjen Kemenag Nizar Ali menuturkan, prestasi siswa-siswi di lingkungan Kementerian Agama tak jarang unggul bahkan melampaui prestasi siswa-siswi sekolah umum. Namun, potensi tersebut belum terserap secara maksimal oleh PTKIN yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Kalau kita lihat 1.000 top ranking sekolah berdasarkan ujian tulis berbasis komputer, MAN (Madrasah Aliyah Negeri) Insan Cendekia itu nomor satu. Artinya MAN kita itu jauh luar biasa, tetapi talenta ini tidak ditangkap oleh para rektor yang memiliki variasi prodi. Nah ini karena tidak ada komunikasi antara Rektor dengan Kakanwil sehingga nanti Kakanwil bisa memberikan afirmasi kepada kepala madrasah," kata dalam Raker Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) bertema "Sinergisitas PTKIN dan Kantor Wilayah Kementerian Agama dalam Membangun Pendidikan Islam Integratif dan Kompetitif di Surabaya, Selasa (8/3/2022). Raker dihadiri 57 peserta yang terdiri dari para Rektor PTKIN dan 23 Kakanwil Kemenag.

Baca juga: Pembukaan SPAN-UM PTKIN 2021, Ini Pesan Menag kepada Seluruh Pimpinan PTKIN



Menurut Nizar, tema Raker Diktis ini sangat relevan dalam menerjemahkan arahan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas untuk mempercepat layanan umat di bidang pendidikan. Dengan sinergisitas, PTKIN akan memiliki talenta-talenta unggul dari madrasah di bawah Kanwil Kemenag. Kedua belah pihak, baik Rektor maupun Kakanwil, harus proaktif guna mewujudkan hal tersebut.

"Kepala Kanwil pun perlu memberikan afirmasi kepada anak didik supaya ada pandangan, bahwa saat mereka telah sampai pada capaian-capaian atau prestasi-prestasi tersebut, maka mereka bisa melanjutkan ke PTKIN dengan kualifikasi dosen yang sama dengan Perguran Tinggi Umum," katanya.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam, M Ali Ramdhani menuturkan, sinergitas anatara Kanwil dengan PTKIN tidak lepas dari program strategis atau program unggulan yang disampaikan oleh Menteri Agama. RFaker ini diharapkan meningkatkan capaian program-program unggulan yang dicanangkan oleh Menag.

Baca juga: Dirjen Pendis Kampanyekan Komitmen Moderasi Beragama di PTKIN

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More