10 Universitas dengan Jurusan Hubungan Internasional Terbaik di Indonesia

Senin, 06 Juni 2022 - 23:31 WIB
Peringkat kedua diisi oleh Universitas Indonesia, di mana Prodi Hubungan Internasionalnya juga mendapat predikat A dari BAN-PT pada tahun 2014. Persaingan di Prodi HI UI jauh lebih ketat dari UGM. Jurusan HI di UI menjadi favorit kedua setelah Jurusan Akuntansi. HI UI ada di dalam Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Dengan peminatnya yang mencapai lebih dari 3.000 orang, HI UI hanya memiliki daya tampung kurang dari 60 kursi. Daya tampung dari jalur SNMPTN sebanyak 17 orang, kemudian dari jalur SBMPTN sebanyak 22 orang, dan dari jalur SIMAK sebanyak 16 orang.

3. Universitas Airlangga



Jurusan HI Universitas Airlangga juga layak menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia. Apalagi, akreditasi A BAN-PT-nya telah diperoleh lebih dulu dibanding UGM dan UI. Jurusan HI di Universitas Airlangga sudah dinyatakan terakreditasi A sejak 2011 oleh BAN-PT.

Total daya tampung Prodi HI Unair sebanyak 140 kursi dengan perincian, jalur SNMPTN 28 kursi, SBMPTN 42 kursi, dan Jalur Mandiri 70 kursi. Tentunya Universitas Airlangga ini bisa dijadikan sebagai alternatif pilihan, melihat ketatnya persaingan di universitas negeri favorit lainnya.

4. Universitas Padjadjaran



Universitas favorit untuk Jurusan HI lainnya dapat kalian temukan di Bandung, Jawa Barat. Jurusan HI Universitas Padjajaran (Unpad) lebih dulu mengantongi nilai akreditasi A dari BAN-PT, yakni pada 2011.

Hubungan Internasional juga termasuk sebagai salah satu jurusan favorit yang selalu ramai pendaftar tiap pelaksanaan SBMPTN dan Ujian Mandiri. Dibanding universitas negeri sebelumnya, Universitas Padjajaran menyediakan kuota HI yang lebih besar pada jalur SNMPTN 2022 yakni 36 kursi dan SBMPTN sebanyak 48 kursi.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More