Rachmad Gobel: Selain di Bidang Pendidikan, Santri Bisa Berkontribusi di Industri

Selasa, 30 Agustus 2022 - 12:53 WIB
Wakil Ketua DPR RI, Dr. (HC). H. Rachmad Gobel dalam orasi di Makara Art Center Universitas Indonesia (MAC UI), Sabtu (27/8/2022). Foto/Dok/Humas UI
JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI, Dr. (HC). H. Rachmad Gobel, menyampaikan bahwa para santri dapat ikut terlibat dalam memajukan dan menyejahterakan bangsa. Caranya dengan pengembangan potensi para santri.

"Santri harus digali kemampuannya agar tidak hanya berkembang di dunia pendidikan, tetapi juga dapat berkontribusi di bidang industri ," kata Rachmad Gobel di Makara Art Center Universitas Indonesia (MAC UI), Sabtu (27/8/2022).



Menurutnya, Indonesia akan menghadapi dua tantangan besar dalam beberapa dekade mendatang, yaitu perubahan iklim dan geopolitik global.

Kedua tantangan ini berpengaruh terhadap Indonesia, terutama di bidang ketahanan pangan dan industri. Indonesia memiliki kekayaan alam yang luar biasa untuk diolah demi kesejahteraan masyarakat.

"Jika hal ini dilakukan, tantangan geopolitik global yang memicu kenaikan harga bahan pokok di sejumlah negara dapat tertangani," terangnya.



saat ini, kemampuan santri harus dikembangkan secara maksimal, sehingga bisa berkontribusi langsung dalam pembangunan negeri. Artinya, tidak hanya sekadar fokus pada pendidikan, tapi juga berkontribusi pada sektor industri.

Hari itu diselenggarakan acara "Monolog Negeri Sarung” yang menampilkan Inayah Wahid, putri bungsu dari Presiden Keempat Republik Indonesia, Dr. K.H. Abdurrahman Wahid.

Pada monolog yang terdiri atas tiga babak ini, di babak pertama Inayah menampilkan “Sama-sama Cari Untung” yang mengisyaratkan pentingnya keberadaan teknologi untuk hal positif, bukan untuk aktivitas yang bersifat negatif, seperti perjudian.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More