UI Masih Jadi Kampus Terbaik di Indonesia versi QS Asia University Rankings 2023

Rabu, 09 November 2022 - 13:57 WIB
Universitas Indonesia (UI). Foto/Dok/Humas UI
JAKARTA - Universitas Indonesia (UI) kembali didaulat sebagai perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia. UI juga menempati urutan ke-10 di level Asia Tenggara dan peringkat 49 di Asia.

Pemeringkatan itu berdasarkan rilis yang dikeluarkan oleh QS Quacquarelli Symonds , analisis pendidikan tinggi global dan penyusun QS World University Rankings.



“Dari sisi kinerja dalam QS Asia University Rankings, Universitas Indonesia mengalami peningkatan peringkat secara signifikan dari 56 pada 2022 menjadi 49 pada 2023. Ini merupakan sebuah capaian membanggakan yang diraih Universitas Indonesia, memposisikan diri sebagai universitas teratas di Indonesia,” kata Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro, dalam keterangan pers, Rabu (9/11/2022).

QS melakukan penilaian berdasarkan pengakuan akademis dan pemberi kerja, penelitian, sumber daya, dan internasionalisasi. Metodologi yang digunakan untuk membuat peringkat QS Asia University Rankings serupa dengan yang digunakan untuk QS World University Rankings, dengan beberapa indikator tambahan dan bobot yang disesuaikan.



Adapun 11 indikator yang digunakan untuk menyusun QS Asia University Rankings adalah sebagai berikut:

1. Academic reputation (30%)

2. Employer reputation (20%)

3. Faculty/student ratio (10%)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More