Sistem Pendidikan Kedokteran Perlu Diperkuat demi Mendorong Transformasi Kesehatan Global

Minggu, 22 Januari 2023 - 18:12 WIB
loading...
A A A
Kegiatan hari kedua dilanjutkan dengan pemaparan topik Burnout and Well-being: Training, Supporting, and Adapting yang menghadirkan pembicara antara lain Ben Canny, MD, Director Medical Education, Adelaide Medical School (AMS), Australia; Dr. dr. Fika Ekayanti, M.Med.Ed, Wakil Dekan FKIKi UIN Syarif Hidayatullah; Lee Yew Kong, MD, dari Faculty of Medicine, Universiti Malaya (UM), Malaysia; dan Margaret C. McDonald, PhD, MFA, dari School of Public Health, University of Pittsburgh, Amerika Serikat.



Lalu topik The Specialist Gap: Responding to Urban and Rural Area Needs yang menghadirkan Dekan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada, dr. Yodi Mahendradhata, M.Sc., Ph.D., FRSPH dan Dr. Carlo Irwin A. Panelo dari College of Medicine, University of the Philippines sebagai pembicara. Fasilitator pada topik ini adalah Dr. Achmad Chusnu Romdhoni., dr., Sp.THT-KL(K)., FICS.

Topik terakhir pada AAHCI Southeast Asia Regional Meeting 2023 adalah Leadership Training for the Transforming Academic Health Center yang menghadirkan pembicara Sonu M. M. Bhaskar, MD, PhD, PD, Founding Director dari NSW Brain Clot Bank, Liverpool Hospital and Ingham Institute for Applied Medical Research (NSW) Australia; Ian Curran, BSc, AKC, MBBS, FRCA, Pg Dip Med Ed (distinction), FFPMRCA, FAcadMEd, FSSH, FRCP (Edin), FAOrthoA, FRCP (Lond), FAMS, Vice Dean of Education dan Co-Director of Academic Medicine Education Institute (AM.EI), dari Duke NUS Medical School, Singapura; Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, Sp.OG(K), MPH Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan FKUI; dan Charlotte M. Chiong, MD, PhD, Dekan dari College of Medicine, University of the Philippines. Topik ini difasilitasi oleh Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara (USU), Prof. Dr. dr. Aldy Safruddin Rambe, Sp.S(K).

Kegiatan kemudian ditutup oleh Closing Keynote Presentations yang disampaikan Dekan FKUI Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam , Sp.PD-KGEH, MMB dan Chief Academic Officer AAMC Alison Whelan, MD dengan fasilitator April Roslani, FACS, FAMM, MS (Mal), FRCS (Edinburgh), Bsc (Hons) (Wales), Dekan Faculty of Medicine Universiti Malaya, Malaysia.

"Saya ucapkan selamat datang kepada seluruh delegasi AAHCI Southeast Asia Regional Meeting 2023 di Pulau Dewata Bali. Suatu kehormatan bagi kami sebagai tuan rumah dalam menyambut seluruh perwakilan institusi pendidikan kedokteran anggota AAHCI. Mari kita jadikan pertemuan ini sebagai momentum diskusi konstruktif dalam menjawab tantangan dan isu global di bidang pendidikan dan pelayanan kesehatan. Saya berharap melalui pertemuan ini akan terjalin kolaborasi dan ikatan yang lebih kuat antar anggota AAHCI, khususnya di kawasan Asia Tenggara," terang Prof Ari.

Turut hadir secara virtual dalam pembukaan, Steven L. Kanter, MD selaku Special Advisor to the President and CEO of AAMC, Executive Director of AAHCI. Melalui sambutannya, Kanter mengungkapkan kebanggaannya dapat berkolaborasi dengan institusi kedokteran di kawasan Asia Tenggara, khususnya FKUI melalui AAHCI.

"Saya berharap aliansi ini dapat terus terjalin dan mampu mengakomodasi seluruh kebutuhan anggotanya di bidang pendidikan, pelayanan kesehatan, dan penelitian sebagai fondasi utama berdirinya AAHCI," kata Kanter.
(zik)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1628 seconds (0.1#10.140)