Luar Biasa! 75 Lansia di Brebes Ikuti Wisuda, Tertua Usia 99 Tahun

Rabu, 25 Januari 2023 - 15:18 WIB
loading...
Luar Biasa! 75 Lansia di Brebes Ikuti Wisuda, Tertua Usia 99 Tahun
BKKBN Perwakilan Jawa Tengah mewisuda 75 lansia, yang terdiri dari 4 wisudawan dan 71 wisudawati. Foto/Dok/BKKBN
A A A
JAKARTA - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional ( BKKBN ) Perwakilan Provinsi Jawa Tengah mewisuda 75 lansia, yang terdiri dari 4 wisudawan dan 71 wisudawati.

Kesemuanya adalah siswa-siswi dari sekolah lansia "Matahari" yang berasal dari Desa Sridadi, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Baca juga: Mahasiswa UNS Berhasil Terbitkan Jurnal Internasional Terindeks Scopus, Ini Rahasianya

Dengan tema "Upaya Menjadikan Lansia yang Sehat, Aktif, Produktif dan Mandiri", prosesi wisuda dikemas sedemikian rupa guna menunjukkan nuansa kebahagiaan dan kebanggaan. Nampak anak dan cucu dari peserta wisuda berkerumun di pinggir lapangan turut meramaikan.

Sebagai simbolisasi lulusnya peserta didik, dilakukan pemindahan tali toga oleh Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Tengah, selanjutnya masing-masing wisudawan wisudawati menerima ijazah yang diserahkan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlinduangan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kabupaten Brebes.

Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Tengah Widwiono mengatakan, melalui prosesi wisuda itu diharapkan para peserta dapat memberikan contoh, teladan, motivasi dan kebahagiaan bagi anak cucu.

Baca juga: Penerimaan Mahasiswa Baru PTKIN Resmi Diluncurkan, Catat Jadwal Lengkapnya

"Waktu kurang lebih sepuluh bulan belajar dapat memberikan perubahan bagi bapak ibu dan lingkungan bapak ibu sekalian. Pertama, bagaimana lansia supaya tetap sehat, supaya tetap produktif, supaya tetap panjang umur," kata Widwiono melalui keterangan pers, Rabu (25/1/2023).

"Kedua, saya yakin ada yang punya anak atau cucu di rumah. Yang punya anak dididik beretika dan berperilaku. Yang punya cucu supaya sehat dan tidak sakit-sakitan. Jika stunting mudah sakit bapak ibu," tambahnya.

Widwiono mengatakan, kelas tersebut awalnya diikuti 80 siswa pada awal 2022, namun seeiring perjalanan waktu sebanyak lima siswa meninggal dunia dalam proses belajar mengajar, sehingga tersisa 75 siswa yang dapat diwisuda. Wisudawan termuda hari ini berusia 47 tahun atas nama Ibu Tarni, dan wisudawan tertua berusia 99 tahun atas nama Ibu Sodah.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1530 seconds (10.55#12.26)