Luar Biasa! 75 Lansia di Brebes Ikuti Wisuda, Tertua Usia 99 Tahun

Rabu, 25 Januari 2023 - 15:18 WIB
loading...
A A A
"Saya yakin bapak ibu di sini tidak ada yang stunting. Karena sampai usia lansia bapak ibu masih bisa belajar dan diwisuda. Saya kira kita semua juga memimpikan, menginginkan seperti Ibu Sodah, yang tetap produktif dan aktif di usia yang sudah 99 tahun," terangnya.

Kepala DP3AKB Kabupaten Brebes, Akhmad Ma`mun mewakili Penjabat Bupati Brebes menyampaikan dalam sambutan. "Hari ini kita melihat semangat lansia yang luar biasa. Kami yakin, walaupun tempatnya di gunung tidak kalah dengan yang di kota," kata Akhmad.

Dia mengatakan, para wisudawan/wisudawati harus menyampaikan kepada keluarga masing-masing, dari bekal yang didapatkan di sekolah, beri motivasi dan pengertian, (antara lain) untuk memberikan makanan bergizi untuk mengatasi stunting.

"Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya wisuda pertama sekolah lansia di Kabupaten Brebes tahun 2023. Sekolah lansia di tahun 2023 akan dilanjutkan, sudah banyak peserta yang antusias mendaftar," kata Akhmad.

Sekolah lansia "Matahari" adalah program pemberian pengetahuan berkelanjutan bagi lansia di wilayah Desa Sridadi, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes.

Merupakan angkatan yang pertama di Kabupaten Brebes, dengan fasilitator terdiri dari Penyuluh KB, praktisi Psikolog, Juang Kencana, tenaga medis. Selaku kepala sekolah yaitu Ibu Yani, dan kegiatan belajar mengajar dilaksanakan di gedung PAUD "Matahari" Desa Sridadi.

Selama kurang lebih dalam 20 kali pertemuan, disampaikan materi tujuh dimensi lansia tangguh (spiritual, fisik, emosional, intelektual, sosial kemasyarakatan, profesional vokasional, dan lingkungan) serta program stunting untuk para siswa, juga materi pendampingan lansia untuk keluarga siswa.

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan penghargaan kepada wisudawan terbaik atas nama Bapak Suyud, persembahan penampilan dari wisudawan serta kesan pesan oleh perwakilan wisudawan kemudian foto dan santap siang bersama.

BKKBN berkomitmen penuh terhadap terwujudnya lansia tangguh. Selain program sekolah lansia, antara lain dengan diluncurkannya GoLantang (Go Lansia Tangguh) berbasis website dan aplikasi.

Pada GoLantang, baik lansia sendiri maupun keluarga yang memiliki lansia dapat melakukan skrining mandiri secara sederhana mengenai kondisi kesehatan lansia, melakukan konsultasi kesehatan secara interaktif dan mendapatkan informasi-informasi kesehatan terbaru terkait lansia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5605 seconds (0.1#10.140)