10 Rekomendasi Kampus Unggulan Beasiswa LPDP 2023 versi Luar Negeri, Bisa Jadi Referensi Pendaftar

Rabu, 25 Januari 2023 - 15:52 WIB
loading...
10 Rekomendasi Kampus Unggulan Beasiswa LPDP 2023 versi Luar Negeri, Bisa Jadi Referensi Pendaftar
Beasiswa LPDP 2023 telah resmi dibuka pada Rabu (25/1/2023). Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Beasiswa LPDP 2023 telah resmi dibuka pada Rabu (25/1/2023). Dalam hal ini, bagi Anda yang berminat bisa langsung mendaftar melalui laman resminya.

LPDP atau Lembaga Pengelola Dana Pendidikan merupakan jenis beasiswa yang diberikan pemerintah kepada putra-putri terbaik bangsa untuk menempuh program magister maupun doktor, baik di dalam dan luar negeri .

Mengutip laman resminya, periode pendaftaran beasiswa LPDP 2023 akan diselenggarakan bulan Januari hingga Juni 2023 mendatang. Bagi Anda yang berminat bisa langsung mengunjungi laman LPDP untuk mengetahui persyaratan dan ketentuan yang berlaku.

Baca juga : Wajib Tahu, Ini 5 Tips Lolos Beasiswa LPDP

Sebelum itu, para pendaftar juga perlu menentukan pilihan mengenai kampus mana yang akan dituju nantinya. Dalam hal ini, terdapat sejumlah perguruan tinggi yang bisa menjadi rekomendasi.

Berikut 10 rekomendasi kampus unggulan untuk program beasiswa LPDP 2023.

1. Harvard University

Harvard University menjadi salah satu kampus terkemuka di dunia. Tak heran, apabila peminat perguruan tinggi ini sangat besar setiap tahunnya dari berbagai negara.

Dengan standar dan persaingan yang ketat, Harvard University juga telah banyak mencatatkan lulusan-lulusan yang kompeten. Beberapa di antaranya bahkan menjadi orang penting di kemudian hari.

Harvard menjadi salah satu rekomendasi kampus untuk program LPDP 2023 ini. Bukan tanpa alasan, universitas di Amerika ini juga masuk peringkat 5 besar dalam pemeringkatan QS World University Ranking 2023.

2. University of Cambridge

Berikutnya ada University of Cambridge. Berdiri sekitar tahun 1209, perguruan tinggi ini berlokasi di Cambridge, Inggris. Mereka juga banyak menyediakan berbagai program serta jurusan yang berbeda-beda.

Selain itu, kampus ini juga diketahui telah banyak menghasilkan lulusan-lulusan terbaik dan menjadi orang penting di dunia. Sebut saja seperti Charles Darwin hingga Stephen Hawking.

3. Stanford University

Rekomendasi kampus unggulan untuk beasiswa LPDP 2023 selanjutnya adalah Stanford University. Berlokasi di San Fransisco, Amerika Serikat, kampus ini telah dikenal banyak melahirkan orang-orang brilian yang pada kemudian hari menjadi miliarder.

Sejumlah jurusan favorit yang ada di Stanford University di antaranya adalah Akuntansi dan Keuangan, Ilmu Komputer, Matematika, Seni, dan lain sebagainya.

Baca juga : Tertarik Beasiswa LPDP, Ini Syarat dan Cara Pendaftarannya

4. University of Oxford

University of Oxford menjadi salah satu perguruan tinggi tertua di dunia. Sama halnya dengan namanya, kampus ini berlokasi di Oxford, Inggris.

Dengan sejarah panjangnya, University of Oxford berhasil membuktikan kualitasnya dengan menjadi pengisi jajaran top perguruan tinggi terbaik di dunia. Terbaru, pada pemeringkatan QS World University Ranking 2023, mereka ada di posisi ke-4

5. Massachusetts Institute of Technology (MIT)

MIT terletak di Cambridge, Amerika Serikat. Kampus ini akan sangat cocok bagi para pendaftar beasiswa LPDP yang berkenan untuk menempuh ilmu lebih dalam lagi terkait teknologi.

Pada pemeringkatan terbaru QS World University Ranking 2023, kampus ini bahkan menjadi peringkat pertama. Hal ini tentu membuktikan kualitas MIT yang tak perlu diragukan lagi.

6. Imperial College London

Rekomendasi kampus unggulan untuk program beasiswa LPDP 2023 berikutnya adalah Imperial College London. Mengutip laman resminya, mereka memiliki sejumlah pilihan fakultas seperti Faculty of Engineering, Faculty of Medicine, Faculty of Natural Sciences, dan Imperial College Business School.

7. University College London

Masih di London, kali ini ada University College London. Mengutip keterangan dari laman resminya, kampus ini diketahui mendapat peringkat kedua di Inggris dalam hal kekuatan penelitian pada Research Excellence Framework 2021.

Selain itu, mereka juga berada di top 10 QS World University Ranking 2023, tepatnya di peringkat ke-8. University College London memiliki sekitar 11 fakultas yang bisa menjadi pilihan.

Di antaranya adalah Seni & Humaniora, Bartlett (Lingkungan Buatan), Ilmu Otak, Hukum, Matematika & Fisika, Ilmu Medis, dan lainnya.

8. University of Chicago

University of Chicago menjadi salah satu perguruan tinggi terkemuka asal Amerika Serikat. Kampus ini juga bisa menjadi pilihan bagi pendaftar atau penerima LPDP 2023.

9. California Institute of Technology

California Institute of Technology atau Caltech menjadi rekomendasi berikutnya. Kampus ini akan cocok bagi para mahasiswa yang ingin belajar lebih dalam di bidang sains dan teknologi.

Pada pemeringkatan QS University World Ranking 2023, California Institute of Technology menempati peringkat keenam dunia.

10. ETH Zurich

Beralih ke Swiss, ETH Zurich bisa menjadi pilihan bagi pendaftar LPDP. Sejumlah fakultas yang tersedia di antaranya adalah Architecture & Civil Engineering, Engineering Sciences, Natural Sciences & Mathematics, System-Oriented Natural Scenes, hingga Management & Social Sciences.

Demikian ulasan mengenai deretan rekomendasi kampus unggulan beasiswa LPDP 2023.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1441 seconds (0.1#10.140)