8 Jurusan Kuliah di UGM Kurang Diminati Calon Mahasiswa, Peluang Masuknya Besar

Minggu, 29 Januari 2023 - 18:50 WIB
loading...
A A A
Biologi UGM bisa jadi salah satu opsi jika tertarik dengan prodi yang satu ini. Meski masuk ke dalam salah satu daftar jurusan UGM yang sepi peminat, jurusan Biologi menawarkan prospek pekerjaan yang besar, lho, Mulai dari pengajar ataupun peneliti di berbagai perguruan tinggi.

Uniknya, prodi Biologi di UGM ini masuk ke dalam Fakultas Biologi, tidak masuk ke FMIPA. Fakultas Biologi di UGM sendiri sudah ada sejak tahun 1955 dan merupakan Fakultas Biologi tertua di Indonesia.

Pendaftar 2021: 533
Daya Tampung 2022: 68
Persentase keketatan: 12,76%

4. Teknologi Hasil Perikanan

Jurusan Teknologi Hasil Perikanan atau THP juga masuk ke dalam salah satu jurusan UGM yang sepi peminat. Masuk ke dalam Fakultas Pertanian, kalian akan belajar banyak hal lewat prodi yang satu ini, mulai dari analisis pangan, refrigerasi hasil perikanan, biokimia hasil perikanan, hingga gizi ikan.

Prospek kariernya juga sangat menjanjikan karena kita berada di negara kepulauan seperti Indonesia dengan â…” wilayah berupa lautan. Kalau masuk ke THP UGM, lulusannya bisa menjadi staf dan peneliti di lembaga pemerintah daerah atau Kementerian Kelautan dan Perikanan, jadi dosen, dan bisa mengembangkan bisnis perikanan sendiri.

Pendaftar 2021: 185
Daya Tampung 2022: 23
Persentase keketatan: 12,43%

5. Ilmu dan Industri Peternakan

Fakultas Peternakan UGM menawarkan satu jurusan buat Sobat Zenius yang tertarik untuk berkecimpung di dalam dunia peternakan, yaitu program studi Ilmu dan Industri Peternakan.

Meski masuk ke dalam jurusan yang jarang diminati di UGM, tetapi prodi yang satu ini menawarkan prospek kerja yang menarik. Pasalnya, kalian dapat bekerja di lembaga-lembaga pemerintah seperti Kementerian Riset dan Teknologi, Bappeda, Kementerian Perdagangan ataupun bekerja di perusahaan-perusahaan BUMN atau swasta di bidang peternakan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6163 seconds (0.1#10.140)