Rekrutmen CASN 2023, Pendaftaran Sekolah Kedinasan Kembali Dibuka

Rabu, 01 Februari 2023 - 14:31 WIB
loading...
Rekrutmen CASN 2023, Pendaftaran Sekolah Kedinasan Kembali Dibuka
Pemerintah dipastikan tahun ini akan membuka rekrutmen CASN. Tidak hanya membuka jalur yang terbuka untuk umum namun juga jalur sekolah kedinasan. Foto/Dok/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Pemerintah dipastikan tahun ini akan membuka rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN). Pemerintah tidak hanya membuka jalur yang terbuka untuk umum namun juga jalur sekolah kedinasan .

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengatakan, pada 2023 ini rekrutmen CASN melingkupi dua kategori. Yakni seleksi secara selektif dan terbatas Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) serta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

“Seleksi tahun ini juga akan dibuka untuk umum, tidak hanya dari jalur sekolah kedinasan,” ujar Menteri Anas, dikutip dari laman KemenPANRB, Rabu (1/2/2023).

Baca juga: MNC University Gelar Webinar Cybersecurity untuk Pelajar dan Mahasiswa

Terkait formasi, Anas melanjutkan, pemerintah masih fokus dengan pemenuhan kebutuhan tenaga kesehatan dan pendidikan. Akan tetapi, lanjutnya, pemerintah juga memberi prioritas kepada talenta digital sebagai bentuk transformasi digitalisasi yang kini sedang dijalankan dalam kerangka arsitektur Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

"Formasi juga akan dibuka hakim, jaksa, dosen, serta tenaga teknis tertentu lainnya,” jelas mantan kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) tersebut.

Lalu kapan rekrutmen CASN 2023 ini dilaksanakan? Anas menjelaskan saat ini instansi pemerintah dalam proses persiapan pengusulan formasi. “Sekarang semuanya sedang berproses pada tahap persiapan pengusulan formasi dari sejumlah instansi pemerintah,” imbuhnya.

Rekrutmen CASN 2023, lanjut Anas, juga mempertimbangkan sejumlah variabel tertentu, seperti indikator jumlah PNS yang pensiun dan pemenuhan SDM guna mendukung program strategis nasional, termasuk letak geografis dan kemampuan anggaran.

Baca juga: Wow! 7 Ribu Mahasiswa UGM Terima Keringanan UKT Setiap Tahun, Ini Besaran Anggarannya

Mantan Bupati Banyuwangi itu juga meminta instansi pemerintah mulai mendata dan mengusulkan kebutuhan ASN tahun 2023 yang prioritas untuk segera diisi di instansi masing-masing.

Usai usulan kebutuhan dari masing-masing instansi, tahap selanjutnya adalah penetapan kebutuhan. Formasi ditetapkan dengan memperhatikan pendapat Menteri Keuangan dan pertimbangan teknis BKN.

Dia menambahkan, ada empat arah kebijakan pengadaan ASN tahun 2023. Arah kebijakan pertama adalah fokus pelayanan dasar. Kedua, yakni kebijakan memberi kesempatan rekrutmen talenta digital.

Ketiga, merekrut CASN secara selektif. Keempat, mengurangi rekrutmen jabatan yang akan terdampak oleh transformasi digital. Saat ini, pemerintah masih menganalisis jabatan mana saja yang bisa terdampak oleh perkembangan digital.

“Karena dunia digital berubah cepat, pemerintah juga harus cepat adaptasi,” tegas Menteri Anas.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2349 seconds (0.1#10.140)