Kenali Tahapan Seleksi Sekolah Kedinasan, Lulus Jadi Calon PNS

Rabu, 01 Februari 2023 - 14:53 WIB
loading...
Kenali Tahapan Seleksi Sekolah Kedinasan, Lulus Jadi Calon PNS
Pemerintah tahun ini akan kembali membuka pendaftaran sekolah kedinasan sebagai bagian dari rekrutmen CASN 2023. Foto/Dok/IPDN.
A A A
JAKARTA - Pemerintah tahun ini akan kembali membuka pendaftaran sekolah kedinasan sebagai bagian dari rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara ( CASN ) 2023. Persiapan pun bisa dilakukan dari sekarang karena persaingan untuk lolosnya sangat ketat.

Bagi lulusan SMA dan sederajat, jika niat melanjutkan studi di perguruan tinggi maka tidak hanya perlu mengenal perguruan tinggi negeri (PTN) ataupun perguruan tinggi swasta (PTS) saja.

Melainkan juga perlu mengenal sekolah kedinasan atau perguruan tinggi kedinasan (PTK) yang kebetulan tahun ini akan kembali dibuka selain pendaftaran jalur umum CPNS dan PPPK di rekrutmen CASN 2023.

Sekolah kedinasan dengan program ikatan dinas menyediakan kuliah gratis bagi lulusan SMA dan sederajat yang lulus seleksi. Selain itu lulusannya juga akan diangkat menjadi calon PNS di instansi-instansi pemerintah.

Baca juga: Rekrutmen CASN 2023, Pendaftaran Sekolah Kedinasan Kembali Dibuka

Tentu saja dengan benefit yang ditawarkan itu persaingan untuk lolosnya akan ketat. Maka dari itu persiapan pun mesti dilakukan dari sekarang. Mulai dari mengenal tahapan seleksi di sekolah kedinasan.

Dikutip dari laman Aku Pintar, berikut ini tahapan seleksi di sekolah kedinasan IPDN yang bisa dijadikan bahan persiapan untuk mendaftar sekolah kedinasan tahun ini.

1. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)
Tes SKD kedinasan terdiri dari TWK (Tes Wawasan Kebangsaan), TIU (Tes Intelegensi Umum), dan TKP (Tes Karakteristik Pribadi). Tes SKD dilakukan dengan menggunakan sistem CAT (Computer Assement Test) dan diselenggarakan oleh BKN (Badan Kepegawaian Negara).

2. Tes Kesehatan Tahap I
Setelah tes SKD sekolah kedinasan selanjutnya apa? Tahapan tes sekolah kedinasan berikutnya adalah tes kesehatan. Tahapan seleksi kedinasan ini untuk memastikan kesehatan calon Praja. Pelaksanaan tesnya dilakukan di Rumah Sakit Bhayangkara/Biddokkes Polda.

Baca juga: Wow! 7 Ribu Mahasiswa UGM Terima Keringanan UKT Setiap Tahun, Ini Besaran Anggarannya
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4784 seconds (0.1#10.140)