Latih Soft Skill, Ribuan Mahasiswa Unika Semarang Tanam Pohon di Lahan Kritis Tinjomoyo

Rabu, 01 Februari 2023 - 22:14 WIB
loading...
Latih Soft Skill, Ribuan Mahasiswa Unika Semarang Tanam Pohon di Lahan Kritis Tinjomoyo
Rektor SCU Dr. Ferdinandus Hindiarto, ikut aksi menanam pohon di perbukitan Kampung Asri, Kelurahan Tinjomoyo, Banyumanik, Semarang, Rabu (1/2/2023). Foto/MPI/Eka Setiawan
A A A
SEMARANG - Ribuan mahasiswa baru Soegijapranata Catholic University ( SCU ) alias Universitas Katolik Soegijapranata Semarang menggelar aksi tanam pohon, Rabu (1/2/2023). Nantinya, mereka secara berkelompok diwajibkan untuk merawatnya.

“Satu kelompok 1 pohon, targetnya nanti mereka pas wisuda bisa berfoto dengan yang mereka tanam,” kata Rektor SCU Dr. Ferdinandus Hindiarto, di komplek SCU.

Baca Juga: Teliti Konsep Green Business Perusahaan, Petrus Palgunadi Sabet Gelar Doktor dari SCU

Aksi itu merupakan bagian dari pelatihan soft skill mahasiswa yang dikenal dengan Advancing Talent and Goal Wonderfully (ATGW). Tujuannya untuk membekali mahasiswa baru menyusun goal setting selama kuliah dan memiliki karakter kritis, kreatif, visioner, peduli dan tangguh.

Soal tanam pohon itu, sebut Ferdi – sapaan Ferdinandus-, sebagai salah satu edukasi nyata bagaimana mereka peduli lingkungan hidup. Aksi menanam hingga merawat akan jadi bagian dari penilaian ATGW para mahasiswa di kampus itu.

Ferdi juga bercerita di kampus yang dipimpinnya itu bahkan ada salah satu fakultas yang di hari tertentu, semua mahasiswanya menggantikan tugas cleaning service kampus.



“Jadi menyapu, bersihkan WC. Satu hari full. Mereka juga harus menyapa para CS di kampus. Ada juga yang ditugasi untuk bagaimana caranya bisa jadi asisten rumah tangga (ART), sampai ada yang kerja di toko bahan bangunan karena 4 kali daftar ART ditolak. Setelah itu mereka akan refleksi, ini melatih empati. Termasuk yang terjun ke panti-panti asuhan sampai panti cacat ganda,” lanjutnya.

Sementara itu, saat kegiatan tanam pohon itu ada 1.400 mahasiswa baru yang terlibat. Mereka dibagi berkelompok menanam total 302 pohon, mulai dari durian, alpukat, angka, buah mentega, sirsak madu, asam jawa dan 11 jenis pohon Multi Purpose Trees Species (MPTS). Pada kegiatan itu, Rektor SCU Dr. Ferdi juga terlihat ikut menanam pohon, mencangkul sendiri tanah yang akan ditanami.

Lokasi tanamnya di perbukitan masuk Kampung Asri, Kelurahan Tinjomoyo, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang. Tampak mereka berkaus putih dan bawahan hitam, merangsek ke kawasan perbukitan dengan medan cukup terjal. Berbekal cangkul hingga cungkir, mereka kemudian menanam bibit yang dibawa dan disiram. Aksi ini juga didukung penuh Bakti Lingkungan Djarum Foundation.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Berta Bekti Retnawati menjelaskan konsistensi dan keaktifan menjaga pohon yang sudah ditanam menunjukkan komitmen dan keseriusan untuk menjaga lingkungan tetap asri dan subur.

“Sekarang kan sudah 100 persen offline (aktivitas mahasiswa) setelah pandemi, ini bagian untuk membangun karakter mahasiswa,” tandasnya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2335 seconds (0.1#10.140)