Unair Kembali Buka Jalur Golden Ticket, Langsung Masuk Tanpa Tes

Jum'at, 03 Februari 2023 - 09:04 WIB
loading...
Unair Kembali Buka Jalur Golden Ticket, Langsung Masuk Tanpa Tes
Unair kembali membuka jalur seleksi Golden Ticket untuk calon mahasiswa baru dengan prestasi luar biasa. Foto/Laman Unair.
A A A
JAKARTA - Seleksi Golden Ticket Universitas Airlangga ( Unair ) kembali dibuka pada penerimaan mahasiswa baru 2023. Jalur khusus ini dibuka hanya untuk calon mahasiswa baru yang memiliki prestasi luar biasa.

Unair menetapkan sejumlah persyaratan untuk masuk jalur khusus Golden Ticket ini. Seperti, pendaftar golden ticket harus merupakan siswa SMA yang eligible dalam SNBP. Selain itu, siswa juga harus memilih prodi yang ada di Unair sebagai pilihan pertama dalam Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP).

“Bagi yang memiliki prestasi, silahkan mendaftar golden ticket. Jangan khawatir karena Golden Ticket tidak akan mengurangi daya tampung SNPMB,” sebut Ketua Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) Unair Dr Achmad Solihin, dikutip dari laman Unair, Jumat (3/2/2023).

Baca juga: 6 PTN dengan Jurusan Ilmu Komputer S1 Terbaik, Terakreditasi Unggul dan A

Kemudian, peserta Golden Ticket harus dapat membuktikan prestasi luar biasa secara akademik atau non-akademik. Misalnya peserta yang memiliki prestasi bidang organisasi seperti ketua OSIS, dan para penghafal kitab suci agama yang diakui di Indonesia juga dapat memasukan prestasinya dalam mengikuti seleksi Golden Ticket.

Untuk bergabung dalam seleksi Golden Ticket, siswa wajib mengikuti Airlangga Education Expo (AEE) yang akan diadakan tanggal 3-5 Februari 2023 di Airlangga Education Center (ACC). Siswa dapat mendaftarkan diri secara individu maupun kolektif ke situs https://eduexpo.unair.ac.id/.

Baca juga: 25 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2023

Bagi peserta yang tidak dapat hadir secara luring, AEE juga tersedia secara daring di YouTube Unair. Peserta yang hadir secara luring maupun daring harus melakukan check-in melalui scan QR yang tersedia, baik di lokasi acara atau tampilan YouTube. Mekanisme pendaftaran dan unggah bukti prestasi untuk mendapatkan golden ticket akan diumumkan dalam AEE 2023.

Sebagai informasi, 2022 lalu pendaftar golden ticket mencapai 500 peserta. Dengan sejumlah syarat dan mekanisme seleksi yang ketat, 71 siswa dinyatakan berhasil mendapat golden ticket dan lolos Unair tanpa mengikuti SNBP, SNBT, maupun seleksi mandiri.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0911 seconds (0.1#10.140)