Alumni Universitas Pertamina Banyak Terserap Korporasi Besar, Ini Kuncinya

Selasa, 07 Februari 2023 - 21:52 WIB
loading...
Alumni Universitas Pertamina Banyak Terserap Korporasi Besar, Ini Kuncinya
Universitas Pertamina (UPER) berkomitmen menghasilkan lulusan dengan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan kompeten. Foto/Dok/Humas UPER
A A A
JAKARTA - Universitas Pertamina ( UPER ) berkomitmen menghasilkan lulusan dengan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan kompeten. Para lulusan UPER sebelumnya sudah dibekali pengetahuan dan praktik lapangan secara langsung di sejumlah korporasi.

"Perguruan tinggi menghasilkan alumni yang siap latih. Sementara industri membutuhkan lulusan yang siap kerja. Untuk mengatasinya, Universitas Pertamina gencar bersinergi dengan berbagai industri agar alumni lebih memahami kondisi riil," ujar Rektor Universitas Pertamina (UPER) Prof. Ir. I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja pada Dies Natalis Ke-7 UPER, Rabu (1/2/2023).



Terhitung sejak pendiriannya di 2016, tambah Prof Wirat, UPER telah menjalin kerja sama dengan 276 lembaga yang meliputi instansi pendidikan, asosiasi, industri dan instansi pemerintah baik dari dalam maupun luar negeri.

Teranyar, UPER menggandeng kerja sama dengan PT Mustika Ratu Tbk., Universiti Teknologi Petronas Malaysia, BPJS Ketenagakerjaan, PT Lippo General Insurance Tbk, PT FKA Global Aveva, PT Polytama Propindo dan Thursina International Islamic Boarding School.

“Kerja sama ini direalisasikan dalam bentuk magang di perusahaan bagi mahasiswa dan alumni, penyelenggaraan credit earning program dalam rangka mendukung Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM)," terang Wirat.



"Selain itu upaya peningkatan kualitas SDM pengajar juga gencar dilakukan melalui akselerasi tridharma pendidikan seperti program praktisi mengajar, joint research, penyelenggaraan berbagai simposium, dan keterlibatan dosen di berbagai program pengayaan pengetahuan masyarakat,” tambahnya.

Berbagai upaya menyiapkan lulusan berkualitas yang dilakukan UPER dalam program zero unemployment, membuahkan hasil. Hingga akhir 2022, persentase serapan alumni UPER mencapai 93,6 persen. Dari 2.369 lulusan yang ada, sebanyak 1.209 berkarier di industri, 81 melanjutkan pendidikan tinggi, dan 85 membangun wirausaha.

Rahmadini Jofansa, alumni Universitas Pertamina program studi Teknik Mesin, merupakan salah satu lulusan yang merasakan manfaat dari program tersebut. Rahmadini menyampaikan bahwa berkuliah di Universitas Pertamina adalah sebuah maslahat bagi dirinya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2142 seconds (0.1#10.140)