Deteksi Dini Kesehatan Jiwa Anak dan Remaja dengan SDQ

Kamis, 09 Februari 2023 - 21:55 WIB
loading...
A A A
Deteksi dini dapat menggunakan kuesioner SDQ yang mudah dilakukan, baik di sekolah maupun komunitas lainnya.

SDQ adalah kuesioner untuk deteksi dini masalah perilaku dan emosi pada anak dan remaja berusia 4–18 tahun. Saat ini instrumen yang digunakan adalah SDQ untuk usia 11–18 tahun.

Berisi 25 pernyataan yang terdiri dari:

1) Domain masalah emosi (5 butir)
2) Domain masalah perilaku (5 butir)
3) Domain hiperaktivitas/inatensi (5 butir)
4) Domain masalah hubungan dengan teman sebaya (5 butir)
5) Domain perilaku prososial yang mendukung (5 butir)

SDQ terdiri dari 5 domain dan masing-masing terdiri dari 5 pernyataan. Domain masalah emosi, perilaku, hiperaktivitas, dan masalah dengan teman sebaya menggambarkan kesulitan, sedangkan domain perilaku prososial menggambarkan kekuatan.

Dalam menentukan nilai masing-masing domain dengan menjumlahkan nilai dari pernyataan domain masalah emosi, masalah tingkah laku, masalah perilaku hiperaktivitas, masalah dengan teman sebaya, dan masalah perilaku prososial.

1. Domain Kesulitan

- Gejala emosional (E) meliputi: sering mengeluh sakit pada badan (sakit kepala, sakit perut dan lainya), banyak kekhawatiran, sering tidak bahagia, sering menangis, gugup, mudah hilang percaya diri dan mudah takut.

- Masalah perilaku (C) meliputi: sering marah meledak-ledak, berperilaku tidak baik, memberontak, sering berkelahi, sering berbohong, mencuri dan sering membuat onar.

- Hiperaktivitas (H) meliputi: gelisah, terlalu aktif, tidak dapat diam lama, terus bergerak dengan resah, mudah buyar, tidak berpikir sebelum bertindak, tidak mampu menyelesaikan tugas sampai selesai.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2397 seconds (0.1#10.140)