Kalahkan UI, Tim IPB University Juara 1 Ajang Kreativitas Mahasiswa Teknik

Jum'at, 10 Februari 2023 - 17:02 WIB
loading...
Kalahkan UI, Tim IPB University Juara 1 Ajang Kreativitas Mahasiswa Teknik
IPB University. Foto/DOk/IPB University
A A A
JAKARTA - Mahasiswa Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan (SIL) Fakultas Teknologi Pertanian IPB University menorehkan prestasi dalam ajang Kreativitas Mahasiswa Teknik (Kramat) yang digelar oleh Universitas Mahasaraswati (Unmas) Denpasar.

Kompetisi nasional yang dilaksanakan secara tahunan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Teknik, Unmas ini diikuti 25 tim dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.



Tim Singa Teknik, sebagai perwakilan dari Departemen SIL IPB University menyabet Juara I dalam final lomba essay Creative Idea on Sustainable Concrete Competition, bulan lalu.

Tim IPB University mengusung tema bahan substitusi semen dalam pembuatan beton dengan Judul Optimalisasi Self-Healing Concrete dengan Penambahan Lignin dan Fly Ash sebagai Substitusi Semen.

Tim ini diketuai oleh Ratna Atika Huwaida bersama dua anggota, George martinus dan Yunan Yakuta Wangsawitana dan dibimbing oleh Dr Eng Heriansyah Putra.



Kompetisi ini memiliki dua tahapan yaitu tahapan seleksi essay dan presentasi. Tim IPB University lolos tahap penyeleksian dan berhasil merebut juara I dengan ide uniknya.

Menurut Ratna, ide beton self-healing ramah lingkungan ini dilatarbelakangi oleh dampak lingkungan yang ditimbulkan oleh industri semen sehingga memunculkan ide inovasi bahan substitusi semen.

Semen disubstitusi dengan fly ash yang didapat dari limbah dan lignin yang lebih ramah lingkungan. Konstruksi beton ini juga dioptimalisasi oleh konsep self-healing concrete sehingga tercipta semen yang lebih ramah lingkungan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1969 seconds (0.1#10.140)