Perbedaan Politeknik dan Sekolah Tinggi yang Perlu Diketahui Calon Mahasiswa Baru

Senin, 13 Februari 2023 - 14:10 WIB
loading...
A A A
Sekolah Tinggi

Sekolah tinggi sering diasosiasikan dengan sekolah kedinasan. Sekolah tinggi yang menjadi favorit untuk sekolah kedinasan itu seperti Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) atau Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG).

Baca juga: Bingung Pilih Program Studi di SNBP 2023? Begini Contohnya agar Bisa Lolos Seleksi

STIN memiliki beberapa jurusan S1 yang tersedia, yaitu Jurusan Agen Intelijen, Teknologi Intelijen, Cyber Intelijen, dan Ekonomi Intelijen. Sedangkan, STMKG menyediakan empat jurusan D4, antara lain Meteorologi, Klimatologi, Geofisika, dan Instrumentasi.

Namun selain sekolah kedinasan, banyak sekolah tinggi swasta yang bisa kalian pilih untuk lanjut kuliah. Bahkan ada yang sudah terakreditasi Unggul
BAN PT seperti Sekolah Tinggi Manajemen Ppm dan Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti.

Politeknik

Politeknik baik itu negeri dan swasta saat ini sudah banyak tersebar di seluruh Tanah Air. Bahkan pendidikan vokasi saat ini menjadi perhatian serius Presiden Joko Widodo karena memiliki posisi penting dalam strategi pengembangan SDM.

Politeknik juga banyak yang berstatus ikatan dinas, misalnya Politeknik Keuangan Negeri (PKN) STAN, Politeknik Statistika STIS, Politeknik Imigrasi (Poltekim), Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip), serta Politeknik Transportasi Darat Indonesia STTD (PTDI-STDD).

Selain itu banyak juga politeknik non ikatan dinas misalnya Politeknik Pekerjaan Umum (PPU) Semarang, Politeknik Kesejahteraan Sosial (Poltekesos) Bandung, Politeknik Ketenagakerjaan (Polteknaker), Poltek Nuklir, dan lainnya.

Selain politeknik ikatan dinas dan non ikatan dinas, kalian juga bisa memilih politeknik negeri maupun swasta untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi.

Untuk politeknik negeri di pulau Jawa dan Bali misalnya, kalian bisa mendaftar ke Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta, Politeknik Negeri Bali, Politeknik Negeri Madura, Politeknik Negeri Bandung, dan sebagainya.

Politeknik lain yang bisa menjadi pilihan misalnya Politeknik Astra yang telah terakreditasi B BAN PT, Politeknik Aisyiyah Sumatera yang juga terakreditasi B, Politeknik Akamigas Palembang dan Politeknik Indonusa Surakarta juga telah terakreditasi B oleh BAN PT.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0690 seconds (0.1#10.140)