PGRI Riau Kembangkan Aplikasi Berbasis Teknologi untuk Bantu Guru di Indonesia

Rabu, 15 Februari 2023 - 16:05 WIB
loading...
PGRI Riau Kembangkan Aplikasi Berbasis Teknologi untuk Bantu Guru di Indonesia
PGRI Riau mengembangkan aplikasi berbasis teknologi untuk membantu guru dalam hal perlindungan hingga kompetensi. Foto/Dok/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Persatuan Guru Republik Indonesia ( PGRI ) Riau mengembangkan aplikasi Bantu Guru untuk memudahkan pemberian pelayanan kepada guru. Fasilitas yang tersedia mulai dari bantuan perlindungan, kesejahteran, hingga peningkatan kompetensi.

Ketua PGRI Riau Muhammad Syafii mengatakan, aplikasi ini dibuat karena PGRI sebagai organisasi harus terus bisa memgikuti perkembangan zaman yang serba digital seperti saat ini.

Sehingga dengan adanya teknologi, layanan dari PGRI kepada para guru dan anggotanya pun tidak lagi terbatas ruang dan waktu. "Sehingga kapanpun ada keluhan dari guru itu bisa dilayani," katanya, dalam keterangan resmi, Rabu (15/2/2023).

Dosen Universitas Riau (Unri) ini menjelaskan, saat ini startup yang didesain oleh tim di PGRI Riau ini menyediakan tiga menu untuk para guru. Yaitu untuk perlindungan, kebutuhan guru, dan peningkatan kompetensi.

Baca juga: Wapres Minta Jumlah Sekolah Unggulan di Sumatra Utara Diperbanyak

Menurutnya, aplikasi Bantu Guru yang dikembangkan pada saat awal Covid-19 merebak di Indonesia ini utamanya untuk memenuhi kebutuhan guru di Riau dulu. Hal ini terkait dengan kesiapan pelayanan di kabupaten kota. Namun aplikasi ini sudah dipakai oleh guru se-Indonesia karena ada beberapa menu yang dibuka secara nasional.

"Startup Bantu Guru ini sudah didownload dan digunakan oleh hampir 1,4 juta guru di Indonesia dan servernya di Riau untuk melayani tiga pilar tadi," ungkapnya.

Dia menjelaskan, melalui aplikasi ini para guru bisa melaporkan permasalahan yang dihadapinya baik itu dengan orang tua, murid, kepala sekolah, atau jika ada masalah guru dengan aparat penegak hukum. Pengaduan dilayani 24 jam non stop.

Selain itu aplikasi ini juga didesain untuk mempermudah guru untuk membayar tagihan-tagihan kebutuhan sehari-hari. Guru juga bisa memantau informasi pelatihan-pelatihan yang ditawarkan baik skala lokal hingga internasional untuk peningkatan kompetensinya.

"Selanjutnya juga ada kartu PGRI Digital yang bukan hanya untuk naik pangkat saja tapi sudah bisa masuk tol, bandara, minimarket," ungkapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1767 seconds (0.1#10.140)