Prodi Baru ITERA Ini Punya Peluang Kerja Menjanjikan Bidang IT, Apa Itu?

Sabtu, 18 Februari 2023 - 07:44 WIB
loading...
Prodi Baru ITERA Ini Punya Peluang Kerja Menjanjikan Bidang IT, Apa Itu?
Prodi Rekayasa Instrumentasi dan Automasi ITERA memiliki peluang kerja menjanjikan di bidang IT. Foto/ITERA.
A A A
JAKARTA - Institut Teknologi Sumatera ( ITERA ) memiliki program studi baru Rekayasa Instrumentasi dan Automasi. Calon mahasiswa yang ingin bekerja di dunia IT bisa memilih jurusan ini di penerimaan mahasiswa baru .

Meski jurusan ini terbilang baru, namun ada peluang kerja yang menjanjikan bagi lulusannya di masa depan. Sebab mereka dicari sektor industri yang kini banyak menerapkan sistem automasi dengan pemanfaatan teknologi informasi (IT)

Koordinator Prodi Rekayasa Instrumentasi dan Automasi ITERA Sabar menyampaikan, jurusan ini didirikan karena melihat tingginya kebutuhan sistem automasi di era Revolusi Industri 4.0.

Baca juga: Majelis Wali Amanat IPB University Lantik 4 Wakil Rektor Periode 2023-2028

Menurutnya, instrumentasi adalah ilmu yang mempelajari mengenai alat ukur, cara pembuatan alat, cara pengukuran dan pengamatan suatu alat. Sedangkan automasi ialah proses untuk mengerjakan sesuatu yang sebelumnya dilakukan oleh manusia ke mesin.

"Jurusan ini juga berkaitan dengan beberapa Prodi seperti Teknik Informatika, Teknik Elektro, Teknik Fisika, Teknik sistem Energi, Biomedis, Fisika, dan Sains data. Prodi tersebut akan saling bersinggungan," katanya, dikutip dari laman ITERA, Sabtu (18/2/2023).

Program studi AI memiliki peluang karier yang beragam di berbagai bidang industri. Lulusan prodi IA bisa bekerja di perbankan di bidang software engineer, tester, sales engineer, dan juga dapat memasuki dunia industri untuk merancang sebuh sistem atau teknologi yang memudahkan proses produksi.

Baca juga: Apakah Universitas Pertahanan Menerima Lulusan SMK? Temukan Jawabannya di Sini

Sabar menambahkan, mahasiswa diberikan kebebasan sepenuhnya untuk menentukan bidang pekerjaannya dengan dibekali ilmu dasar yaitu membuat alat sederhana instrumentasi dan kemampuan dibidang IT.

Namun para lulusan AI dituntut menguasai minimal satu bahasa pemograman (pemograman visual) yang penerapannya akan difokuskan dibidang kontrol khususnya bidang industri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1120 seconds (0.1#10.140)