Bagaimana Cara Menjadi World Class University? Ini Pendapat Rektor Unair

Jum'at, 24 Februari 2023 - 16:13 WIB
loading...
Bagaimana Cara Menjadi World Class University? Ini Pendapat Rektor Unair
Rektor Unair Prof Dr Mohammad Nasih menyampaikan pendapatnya mengenai world class university. Foto/Dok/Ali Masduki.
A A A
JAKARTA - Pemerintah mendorong perguruan tinggi di Indonesia menuju universitas berkelas dunia ( World Class University ). Rektor Universitas Airlangga ( Unair ) Prof Dr Mohammad Nasih pun menyampaikan pendapatnya.

Mantan Ketua Forum Rektor Indonesia (FRI) itu didapuk menjadi narasumber pada Top Executive University Gathering yang digelar di Surabaya. Pada kesempatan itu, dia membahas peranan pimpinan perguruan tinggi dalam menyusun kebijakan dan juga komitmen menuju universitas berkelas dunia.

Orientasi pada Kualitas Perguruan Tinggi

Rektor Unair mengatakan, menjadi sebuah tantangan dan peluang bagi pimpinan untuk menggerakan seluruh komponen universitas mewujudkan perguruan tinggi berkelas dunia.

Menurut Prof Nasih yang pernah menjadi Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) itu, diperlukan sebuah komitmen untuk meningkatkan kualitas sehingga perguruan tinggi bisa memberi dampak bagi masyarakat lokal, nasional, dan global.

Baca juga: Strategi Memilih Prodi Impian, Kuliah Lancar Masa Depan Cerah

“Peran dari leader dalam perguruan tinggi sangat strategis, khususnya dalam menentukan tujuan bersama. Kami sendiri awalnya memiliki target agar bisa masuk di peringkat Top 500 WUR,” katanya, dikutip dari laman Unair, Jumat (24/2/2023).

“Bagi kami tidak perlu menunggu ‘besar’ untuk bisa menjadi pelopor, selama kita mampu membuktikan itu dengan kualitas yang kami berikan,” lanjut Rektor Unair.

Strategi Unair

Prof Nasih menjelaskan, dalam kurun waktu 2021-2026 Unair memiliki strategi utama untuk mengoptimalkan nilai tambah serta berkontribusi signifikan bagi masyarakat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1957 seconds (0.1#10.140)