4 PTN BH Raih Pendanaan untuk Hilirisasi Riset dan Teknologi

Selasa, 28 Februari 2023 - 12:05 WIB
loading...
4 PTN BH Raih Pendanaan untuk Hilirisasi Riset dan Teknologi
Plt. Dirjen Diktiristek Kemendikbudristek Nizam pada peluncuran program PRIME STeP. Foto/Diktiristek.
A A A
JAKARTA - Ditjen Diktiristek Kemendikbudristek meluncurkan program PRIME STeP yang ditujukan untuk pengembangan Science Techno Park (STP) di perguruan tinggi. 4 PTN BH pada peluncuran ini mendapat prioritas pendanaan untuk program tersebut.

Promoting Research and Innovation through Modern and Efficient Science and Technology Parks Project (PRIME STeP) 2023-2027 menjadi langkah strategis pemerintah untuk mendorong hilirisasi hasil riset dan teknologi ke dalam proses industrialisasi.

PRIME STeP merupakan proyek pengembangan STP di 4 Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum ( PTN BH ) yaitu IPB University, Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Universitas Indonesia (UI).

Baca juga: Pendaftaran SNBP 2023 Terakhir Hari Ini Pukul 15.00, Jangan Terlewat

Proyek ADB No. 4272-INO ini didukung dana Pinjaman Hibah Luar Negeri (PHLN) dari Asian Development Bank (ADB) sebesar 20,487 juta yen, atau sekitar Rp2,167 triliun rupiah. Proyek akan dilaksanakan dalam jangka waktu 5 tahun atau 60 bulan, dimulai bulan Januari 2023 hingga akhir Desember 2027.

Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi , Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Dirjen Diktiristek Kemendikbudristek) Nizam menyampaikan dukungan dana dari ADB akan membantu Indonesia mewujudkan cita-cita memiliki STP unggul, dapat menghasilkan beragam inovasi, dan teknologi berdaya saing.

Pada akhirnya, ungkap Guru Besar UGM itu, pengembangan STP akan mendukung pelaksanaan ekonomi nasional berbasis inovasi dan teknologi, sebagaimana tercantum dalam Major Project RPJMN 2020-2024.

Dalam kesempatan itu, Nizam menekankan kepada 4 PTN BH yang mendapatkan amanah dalam proyek ini dapat disiplin secara mutu, waktu, dan integritas sehingga mampu mencapai output yang dituju.

Baca juga: Mahasiswa ITS Inovasikan Alga Merah untuk Tangani Ruam Kulit

“Saya juga menekankan harapan yang besar kepada PTN yang diberikan amanah dan tanggung jawab agar dapat menjalin kolaborasi dengan perguruan tinggi lain sehingga dampak dan manfaat dari STP ini dapat dirasakan oleh berbagai pihak dan masyarakat,” ujarnya, melalui siaran pers, Selasa (28/2/2023).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2199 seconds (0.1#10.140)