Siswi SMAN 5 Surabaya Raih Juara Dunia Kompetisi Sains di Taiwan

Selasa, 28 Februari 2023 - 16:23 WIB
loading...
A A A
Baca juga: 4 Fakta Menarik STIN, Sekolah Kedinasan untuk Ahli Intelijen

Nathania mengaku hanya memiliki waktu kurang dari satu bulan untuk mengumpulkan data pendukung dan membuat paper menuju TISF.

Menuju ajang TISF, Nathania hanya memiliki persiapan kurang dari satu bulan. Ia wajib mengumpulkan data pendukung dan membuat paper untuk persiapan TISF. Meski dalam kondisi kesehatan yang menurun, semangat Nathania tetap berkobar karena dia yakin kerja keras itu tidak akan mengkhianati hasil.

Hingga pada pengumuman pemenang, dia pun tidak memiliki ekspektasi tinggi untuk menjadi pemenang, Tapi tak disangka. Nathania meraih juara 1 mengalahkan 21 negara lainnya. “Waktu pengumuman juara itu sebenarnya saya juga enggak berekspektasi apa-apa. Jadi waktu dibacakan juara 4, juara 3, dan juara 2 dan kemudian akhirnya juara 1. Saya bersyukur dan bahagia bisa meraih juara 1,” ucapnya.

TISF 2023 dihadiri sebanyak 22 negara, yaitu Taiwan, Indonesia, Singapura, Thailand, Macau, Filipina, Jepang, Korea Selatan, Rusia, Ukraina, Iran, Mesir, Luxemburg, Afrika Selatan, Tunisia, Turki, Italia, Brasil, Meksiko, Swiss, Republik Ceko, dan Amerika Serikat.

Prestasi yang pernah diraih oleh Nathania selain Juara 1 Taiwan International Science Fair (TISF) 2023, ada pula Medali Perak National Science Fair for Indonesian Adolescents 2022, Juara 1 dan Juara Favorit ASEAN Youth Research Innovation Summit (AYRIS) 2022, dan Piagam Penghargaan Siswa Berprestasi oleh Gubernur Khofifah Jawa Timur tahun 2022.

Kemudian Nathania juga meraih prestasi di Neuroscience Course by Harvard University Februari-Maret 2023, Honorable Mention Asia Youth International Model United Nations WHO 2021, National University of Singapore Neuroscience Braincamp 2022, dan Best Delegate Asia Youth International Model United Nations INTERPOL 2022.

Nathania juga tercatat pernah mengikuti pertukaran pelajar ke Busan, Korea Selatan. Siswi berprestasi ini juga tidak hanya berbakat di bidang sains, tetapi juga di bidang seni. Sewaktu kecil ia pernah mengikuti lomba piano hingga memenangkan juara di Singapura.

Baca juga: 4 PTN BH Raih Pendanaan untuk Hilirisasi Riset dan Teknologi

Di balik segala prestasi Nathania, ternyata tidak lepas dari peran dan dukungan dari orang tuanya. Anak dari pasangan Dr. Agoes Willyono dan Listyawati Setiawan ini, mendapatkan pelajaran berharga dari ayahnya yang bekerja sebagai dokter.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1359 seconds (0.1#10.140)