Hasto Ajak Mahasiswa Memiliki Mimpi dan Imajinasi

Senin, 06 Maret 2023 - 19:27 WIB
loading...
A A A
Di hadapan para mahasiswa dan sivitas akademika yang hadir, ia bernostalgia tentang sejumlah tulisan ditempel di dinding kelas saat masih bersekolah dasar. Misalnya, tulisan berisi pernyataan Bung Karno, "kutitipkan bangsa dan negara ini kepadamu".

"Apa maknanya, beliau telah berjuang habis-habisan membawa Indonesia merdeka, dan saatnya tugas kita agar isilah kemerdekaan dengan penuh perjuangan dan sumber daya manusia berkualitas, sehingga negara ini menjadi maju. Ada amanat kita harus mengambil tanggung jawab di sana," katanya.

Tulisan lain adalah ucapan Bung Karno, "berikan aku 10 pemuda, niscaya akan kugoncangkan dunia". Menurutnya, kata-kata ini berusaha menginspirasi kaum muda bahwa pemuda adalah kata kunci dalam seluruh sejarah pergerakan republik ini.

"Mulai 1909, 1928, 1945, 1966, 1998. Semua dilakukan anak muda seperti Anda semua mahasiswa. Belum pernah ormas agama, apakah NU atau Muhammaidyah, menyeponsori lahirnya perubahan yang ada. Tak pernah mampu kalau hanya ormas, yang bisa lakukan itu hanya kaum muda intelektual," ujarnya.

Ada satu lagi ucapan Bung Karno yang digantung di dinding kelas saat SD, yakni agar menggantungkan cita-cita setinggi langit, karena jikalau pun engkau jatuh, akan jatuh di antara bintang-bintang.

"Intinya, Bung Karno, dalam ingatan saya, menjadi semacam motivator agar kita berani bermimpi dan bangkit mencapainya," kata Husain.
(abd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1322 seconds (0.1#10.140)