10 Jurusan Kuliah Paling Dibutuhkan di Era Digital

Jum'at, 10 Maret 2023 - 09:33 WIB
loading...
A A A
Mengapa jurusan ini menjadi sangat populer dan sangat dicari? Sederhana saja, di ekosistem digital hari ini, data pun tidak luput dari tindakan kriminal. Untuk melindunginya, lulusan ini adalah jawabannya.

4. Teknologi Bisnis Digital


Menjamurnya usaha online dan semakin beralihnya pengguna pada mode transaksi online menjadikan jurusan yang satu ini banyak diburu.

Jurusan ini akan mempelajari mengenai manajemen binis dan teknologi digital seperti pengembangan web, analisis data, cyber security, UI/UX, pemasaran digital, manajemen media sosial, fintech industry, e-commerce, dan lain-lain.

5. Teknik Industri


Di era industri 4.0, jurusan Teknik Industri semakin diminati. Jurusan ini mempelajari bagaimana memaksimalkan peran manusia di bidang industri. Kalian akan mempelajari tentang manajemen industri, pengoperasian alat-alat, hingga mencari ide untuk menciptakan industri baru.

Lulusannya bisa menjadi Product Manager, Data scientist, Market researcher, Bagian Operasional dan Logistik, dan lain sebagainya.

6. Sistem Informasi


Jurusan ini kamu mempelajari sistem kerja perangkat lunak dan perangkat keras serta data. Sama seperti Teknik Informatika, jurusan kuliah potensial ini tersedia di berbagai perguruan tinggi negeri maupun kampus swasta.

7. Desain Komunikasi Visual (DKV)


DKV merupakan salah satu jurusan kuliah potensial yang populer. Program studi ini merupakan bagian dari ilmu seni yang fokus pada elemen visual untuk menyampaikan pesan.

Baca juga: Jurusan Kuliah yang Lulusannya Paling Banyak Bekerja di Bank BRI

Jurusan DKV termasuk menjanjikan di era digital karena lulusannya dinilai mampu mengoperasikan berbagai software untuk menggambar dan desain di perangkat digital, seperti Photoshop, Illustrator, Corel Draw, SketchUp, InDesign, dan lainnya.

Selain itu, lulusannya juga dibutuhkan oleh segala jenis industri. Misalnya sebagai desainer, layouter, animator, web designer, dan lainnya.

8. Ilmu Komunikasi


Tidak hanya soal bagaimana membangun public speaking yang mumpuni, tapi di jurusan ini kamu akan belajar bagaimana membuat pesan dan cara menyampaikannya dengan efektif.

Lulusannya berpeluang menjadi wartawan, filmmaker, account officer, humas, copywriter, penyiar radio, hingga berkarir di event organizer.

9. Farmasi


Beberapa tahun ke depan akan banyak pekerjaan yang digantikan oleh robot. Namun para ahli di bidang kesehatan akan sangat sulit tergantikan, salah satunya adalah Farmasi.

Jurusan yang mempelajari seluk beluk tentang obat-obatan akan menghasilkan lulusan yang bisa bekerja di perusahaan farmasi, rumah sakit, atau apotek, ataupun dosen.

10. Teknik Arsitektur


Kebutuhan akan tempat tinggal menjadi faktor penting mengapa jurusan Teknik Arsitektur banyak dibutuhkan di era digital.

Pekerjaan di bidang ini sangat membutuhkan dua prodi dari fakultas teknik, yaitu Arsitektur dan Teknik Sipil.

Mahasiswa akan bagaimana merancang bangunan pada sebuah gambar. Gambar inilah yang nantinya menjadi dasar atau patokan dalam pembangunan sebuah hunian.

Memang saat ini sudah banyak software yang bisa digunakan untuk merancang bangunan, namun komputer masih belum bisa merancang gambar bangunannya. Oleh karena itu, lulusan arsitektur masih akan bertahan bertahun-tahun ke depan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2586 seconds (0.1#10.140)