10 Perguruan Tinggi dengan Jurusan Musik Terbaik, Pencetak Musisi dan Seniman Ternama

Sabtu, 18 Maret 2023 - 15:20 WIB
loading...
A A A
Mata kuliah yang akan kamu pelajari antara lain Pengantar Etnomusikologi, PraktIk Musik Nusantara Pilihan, hingga Musik Ritual.

Baca juga: UGM Raih Penghargaan Media Sosial Terbanyak Sektor Perguruan Tinggi PR Awards 2023

6. Sekolah Tinggi Seni Musik Bandung (STiMB)


Di Jawa Barat, tepatnya di Kota Bandung ada Sekolah Tinggi Seni Musik Bandung (STiMB) bisa menjadi destinasi calon mahasiswa yang ingin mengambil kuliah di jurusan Seni Musik. STiMB menawarkan dua program studi Seni Musik, yaitu D3 Penyaji Musik Populer dan S1 Seni Musik.

7. Institut Seni Indonesia Padang Panjang


Kembali ke Pulau Sumatra, ada ISI Padang panjang yang sudah berdiri sejak 1956 dan merupakan salah satu kampus negeri dengan jurusan Seni Musik di Sumatra. S1 Seni Musik di ISI Padang Panjang berada di bawah naungan Fakultas Seni Pertunjukan, bersama dengan Seni Tari, Seni Teater, dan Seni Karawitan.

8. Institut Musik Indonesia (IMI) atau SOCA


Perkembangan industri musik kontemporer di Indonesia belum diimbangi dengan pendidikan formal setingkat sarjana pada bidang tersebut. Ini yang mendorong IMI atau yang lebih dikenal dengan SOCA (School of Creative Arts), untuk menjadi penyelenggara pendidikan seni musik kontemporer dengan gelar kesarjanaan.

Lulusannya pun sudah banyak berkarier dan sukses di industri musik nasional dan internasional.antara lain Kerispatih, Petra Sihombing, W.A.R Band (Juara 1 Tokyo Band Summit 2019 vs Asian Beat di Jepang), Adrian Martadinata, Figgy Papilaya, dan lainnya.

9. Universitas Negeri Semarang (Unnes)


Unnes mempunyai program yang cukup lengkap untuk jurusan Pendidikan Seni Musik. Mulai dari program sarjana, magister, hingga doktor tersedia di kampus ini.

Tidak hanya itu, Universitas Negeri Semarang juga menjalin kerjasama internasional di bidang seni dengan Bangkok Faculty Exchange Academy, Taipei National of Art dan Australia.

10. Universitas Negeri Malang (UM)


Jurusan di bidang musik yang ditawarkan oleh Universitas Negeri Malang adalah program studi Pendidikan Seni Tari dan Musik. Jurusan ini pun sudah terakreditasi A pada tahun 2017 lalu, lho.

Pendidikan Seni Tari dan Musik yang disingkat dengan PSTM ini masuk ke dalam jurusan Seni dan Desain yang berada di bawah Fakultas Sastra.

Demikian tadi 10 perguruan tinggi dengan jurusan Musik terbaik di Indonesia. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia SINDOnews.
(nnz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0978 seconds (0.1#10.140)