IPB Peringkat 1 di Asia Tenggara Versi QS WUR by Subject Agriculture and Forestry

Sabtu, 25 Maret 2023 - 09:30 WIB
loading...
IPB Peringkat 1 di Asia Tenggara Versi QS WUR by Subject Agriculture and Forestry
IPB University peringkat 1 di Asia Tenggara versi QS WUR by Subject. Foto/Dok/IPB University.
A A A
JAKARTA - IPB University berhasil mempertahankan posisi pertama terbaik di kawasan Asia Tenggara di bidang Pertanian dan Kehutanan (Agriculture and Forestry). Hal ini berdasarkan pemeringkatan QS World University Ranking (WUR) by Subject 2023.

IPB University menduduki peringkat ke-1 di kawasan Asia Tenggara, ke-8 di Asia dan ke-51 di dunia. Peringkat ini dievaluasi dengan lima indikator yakni academic reputation, employer reputation, sitasi, h-index, dan International research network.

Rektor IPB University, Prof Arif Satria, mengatakan, "Reputasi IPB University, baik academic reputation maupun employer reputation, mengalami peningkatan. Bahkan skor reputasi lulusan (berdasarkan survai terhadap pengguna lulusan) sangat tinggi (95.8) lebih tinggi dibandingkan Wageningen University (95.1) yang merupakan peringkat 1 pada QS Subject Ranking on Agriculture and Forestry,” ungkapnya, melalui siaran pers, Sabtu (25/3/2023).

Baca juga: Panduan Pembayaran Biaya UTBK 2023 Melalui Bank BSI

Prof Arif mengatakan, fakta ini menunjukkan kualitas pendidikan yang prima di IPB sehingga menghasilkan lulusan yang dinilai sangat baik oleh para pengguna lulusan. Reputasi IPB University di bidang akademik (76.1) juga relatif lebih tinggi dibandingkan beberapa universitas ternama di dunia.

Dia mengungkapkan, IPB University terus secara konsisten berupaya meningkatkan kinerja riset dan international research networks, sehingga diharapkan peringkat IPB semakin meningkat ke depannya. Hingga akhir tahun 2022 IPB tergabung dalam 50 konsorsium riset internsional.

Secara keseluruhan nilai (total score) IPB University di bidang Pertanian dan Kehutanan tahun ini 71.9. Selain reputasi, terjadi juga peningkatan pada skor h_index institusi, dengan skor 72.7 yang memperlihatkan kualitas publikasi yang baik dan banyak disitasi.

Tahun ini IPB University juga mencatatkan satu bidang keilmuan yang masuk dalam pemeringkatan, yaitu Bisnis dan Ilmu Manajemen. Kini terdapat lima bidang keilmuan yang masuk pemeringkatan (Pertanian dan Kehutanan, Biologi, Ilmu Lingkungan, Ekonomi dan Ekonometrika serta Bisnis dan Ilmu Manajemen), " jelasnya.

Baca juga: Unnes Buka Penerimaan Dosen Tetap Fakultas Kedokteran, Ini Persyaratannya

Berikut adalah Top 10 Universitas di Asia di bidang Pertanian dan Kehutanan.

1. China Agricultural University (11) - China
2. The University of Tokyo (34) - Jepang
3. Nanjing Agricultural University (37) - China
4. Seoul National University (40) - Korea Selatan
5. Tokyo University of Agricultural Technology (45) - Japan
6. Kyoto University (47) - Japan
7. South China Agricultural University (47) - China
8. IPB University (51) - Indonesia
9. North West Agriculture and Forestry (52) - China
10. Zhejiang University (55) - China
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0833 seconds (0.1#10.140)