Hebat, 2 Mahasiswa Indonesia Raih Penghargaan Bergengsi Harvard World MUN 2023

Kamis, 30 Maret 2023 - 06:15 WIB
loading...
Hebat, 2 Mahasiswa Indonesia Raih Penghargaan Bergengsi Harvard World MUN 2023
Rifki Saputra (Universitas Jember) dan Adella Suwandhi (Unika Atma Jaya) sukses raih penghargaan di Harvard World MUN 2023. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Adella Suwandhi dari Unika Atma Jaya dan Rifki Saputra dari Universitas Jember sukses mengharumkan nama bangsa di ajang internasional. Kedua mahasiswa ini meraih penghargaan bergengsi Diplomacy Award Legal Committee di ajang Harvard World Model United Nation (MUN) 2023 di Paris, Perancis pada 12–16 Maret 2023 lalu.

Harvard World MUN merupakan salah satu ajang simulasi sidang Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) paling prestisius yang diikuti lebih dari 2.000 peserta dari 110 negara setiap tahunnya. Acara ini juga dikenal sebagai olimpiade terbesar untuk kegiatan MUN serupa di level internasional.

Dalam program Djarum Beasiswa Plus, para Beswan Djarum (sebutan bagi penerima Djarum Beasiswa Plus) yang memilih kegiatan International Exposure berkesempatan mengikuti MUN. untuk Harvard World MUN 2023 ini, Djarum Foundation mengirimkan sembilan mahasiswa.

Baca juga: 5 Universitas Favorit Ini Membuka Jalur Rapor dan Prestasi 2023

Selain Adella dan Rifki, tujuh anggota delegasi lainnya adalah Ahmad Yusril Yusro (Universitas Lampung), Bunga Almia Gane Sari Santina Putri (Universitas Negeri Malang), Farel Muhamad Alfarisi (Institut Teknologi Sepuluh Nopember), Ridha Albary (Institut Teknologi Bandung), Ryan Kam Vikri (Universitas Diponegoro), Shannice Fidelia Akwilla (Unika Atma Jaya), dan Yudika Putra Perdana Pangaribuan (Universitas Brawijaya).

Adella dan Rifki yang dipasangkan sebagai double delegation untuk legal committee berhasil mengungguli 186 peserta dari berbagai negara, yang berkompetisi di komite sama saat mendiskusikan isu Non-Self-Governing Territories atau teritori yang tidak memiliki pemerintahannya sendiri.

Head Delegate Djarum Foundation dan merupakan mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi Adella tidak menyangka bisa mendapatkan penghargaan karena ini adalah ajang MUN internasional pertama yang ia ikuti.

Tentunya, kata dia, pencapaian ini merupakan buah dari kerja keras setelah selama dua bulan mereka dilatih dan mengikuti simulasi intensif.

Baca juga: ITS Terima 1.331 Mahasiswa Baru Lewat SNBP, Registrasi Ulang Diwajibkan

“Kami jadi semakin terarah memahami berbagai isu politik, hukum dan ekonomi global, serta mampu meningkatkan soft skill berbicara di depan publik, serta membuat tulisan ilmiah untuk persiapan ke ajang ini,” ujarnya, melalui siaran pers, Kamis (30/3/2023).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0923 seconds (0.1#10.140)