Robustea, Inovasi Mahasiswa STEM PrasMul yang Olah Kulit Buah Kopi Jadi Teh Premium

Kamis, 06 April 2023 - 15:09 WIB
loading...
Robustea, Inovasi Mahasiswa STEM PrasMul yang Olah Kulit Buah Kopi Jadi Teh Premium
Tim mahasiswa Sekolah STEM Terapan Universitas Prasetiya Mulya yang menciptakan Robustea. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Mahasiswa Sekolah STEM Terapan Universitas Prasetiya Mulya mengembangkan kreasi minuman unik yang baik untuk kesehatan. Dinamakan Robustea, usaha rintisan pengolahan cascara atau kulit buah kopi dengan produk berupa teh cascara berbentuk celup dan bubuk.

Robustea didirikan oleh tim mahasiswa S1 Food Business Technology angkatan 2022, yaitu Alexander Bryan, Karyn Joy, Portia Bellezza, Raelen Angelina Halim, dan Valerie Chou. Usaha ini dikembangkan dalam mata kuliah Food Business Creation dan Food Business Development.

Alexander Bryan menjelaskan, awal terbentuknya bisnis ini merupakan tuntutan dari mata kuliah di tahun ketiga mereka. Mahasiswa jurusan ini memang tak hanya belajar mengenai teknologi pangan dari segi ilmu Biologi, Kimia, dan juga Fisika semata.

Namun lebih dari itu, mahasiswa Food Business Technologi juga mempelajari sisi bisnis pangan itu sendiri. "Yakni bagaimana kita bisa mengimplementasikan beberapa bagian bisnis ke dalam produk yang kita kembangkan ini," kata Alexander, dalam keterangannya, Rabu (5/4/2023).

Baca juga: Ini Inovasi Model Reservoir ala Mahasiswa Universitas Pertamina untuk Optimalkan Produksi Migas

Alexander melihat, kebiasaan orang meminum teh atau kopi itu menghindari untuk mengonsumsinya pada sore ataupun malam hari karena takut susah tidur. Selain itu, masyarakat saat ini juga enggan minum minuman yang terlalu manis karena adanya gula tambahan yang berefek buruk untuk kesehatan.

Di sisi lain, Indonesia merupakan salah satu produsen kopi terbesar di dunia, sebanyak 700 ribu ton per tahun dihasilkan atau 9% dari produksi kopi dunia. "Tapi pengolahan biji kopi menghasilkan sekitar 40% limbah pangan karena bagian kulit dan daging yang tak terpakai,"ungkapnya.

Padahal, Alexander mengungkapkan, cascara atau kulit buah kopi itu memiliki manfaat kesehatan yang banyak dan potensi ekonomi yang besar apabila diolah dengan baik untuk konsumsi manusia. Dari dua masalah inilah, katanya, dia dan rekan satu timnya membuat inovasi baru.

Robustea, Inovasi Mahasiswa STEM PrasMul yang Olah Kulit Buah Kopi Jadi Teh Premium


Robustea, inovasi mahasiswa Sekolah STEM Terapan Universitas Prasetiya Mulya. Foto/Universitas Prasetiya Mulya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0975 seconds (0.1#10.140)