5 Jurusan Kuliah IPS yang Sulit Diambil Anak IPA, Cek Daftarnya

Senin, 10 April 2023 - 01:35 WIB
loading...
A A A
Selama kuliah, beberapa bahasan yang akan diulas adalah mengenai sejarah kerajaan Nusantara, sejarah dunia, sejarah Indonesia, hingga geografi. Lulusannya bisa bekerja sebagai tour guide, dosen, hingga pegawai di institusi pemerintahan.

3. Hubungan Internasional

Serupa dengan sejarah, mahasiswa jurusan hubungan internasional (HI) juga dituntut untuk banyak membaca dengan keingintahuan yang sangat besar.

Selain harus memiliki daya ingat, pemahaman, dan analisis yang sangat dalam, mahasiswa HI juga harus up to date agar tidak ketinggalan isu-isu internasional yang terus berdinamika setiap saat.

Dengan tuntutan kemampuan berbahasa Inggris, lulusan HI bisa bekerja di perusahaan asing, organisasi internasional, dan kantor pemerintahan.

4. Filsafat

Filsafat merupakan sebuah ilmu yang mempelajari cara berpikir dan memperkokoh pandangan dalam menanggapi sebuah masalah.

Mahasiswa filsafat juga dilatih untuk terus berpikir tajam dan kritis, sehingga dapat dengan mudah berargumentasi.

Prospek kerja lulusan filsafat sangat beragam, mulai dari dosen, peneliti, penulis, jurnalis, hingga kurator.

5. Hukum

Mengedepankan daya ingat, analisis, dan ketajaman dalam menelaah sebuah perkara, jurusan hukum akan cukup mudah bila dipilih oleh anak IPS. Namun, cukup sulit diambil bagi anak IPA.

Mereka yang sudah lulus dari jurusan hukum, memiliki beragam prospek kerja menjanjikan, seperti peneliti, dosen, aktivis, pengacara, politisi, hakim, jaksa, dan diplomat.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2202 seconds (0.1#10.140)