7 Jurusan Kuliah IPS yang Lulusannya Banyak Dicari Bank

Jum'at, 14 April 2023 - 17:11 WIB
loading...
7 Jurusan Kuliah IPS yang Lulusannya Banyak Dicari Bank
Sedikitnya ada tujuh jurusan kuliah IPS yang lulusannya banyak dicari bank. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada tujuh jurusan kuliah IPS yang lulusannya banyak dicari bank . Ketujuh jurusan kuliah ini bisa jadi pilihan bagi calon mahasiswa yang punya minat untuk bekerja di perbankan.

Jurusan kuliah IPS biasanya mempelajari keahlian berkomunikasi dan ilmu ekonomi yang menjadi syarat dasar bekerja di sektor perbankan.


7 Jurusan Kuliah IPS yang Lulusannya Banyak Dicari Bank

Berikut ini tujuh jurusan kuliah IPS yang lulusannya banyak dicari bank.

1. Ilmu Ekonomi

Jurusan Ilmu Ekonomi yang banyak mempelajari tentang analisis data ini memang punya prospek yang cukup luas, mulai dari jadi guru hingga bekerja di bank. Beberapa posisi yang dapat diisi oleh lulusan jurusan ini di antaranya, analis kredit, teller, founding officer, hingga customer service.

2. Perbankan

Jurusan yang memang dikhususkan untuk melahirkan para pegawai bank ini memang dikenal punya prospek bagus untuk bekerja di berbagai sektor perbankan, mulai dari menjadi konsultan hingga teller.

3. Hukum

Tidak hanya dari prodi ekonomi saja, lulusan hukum juga dapat bekerja di bank. Ilmunya tentang perundang-undangan dan aturan hukum yang berlaku akan sangat dibutuhkan untuk mengisi posisi konsultan keuangan.

4. Ekonomi Syariah

Sama halnya dengan jurusan ilmu ekonomi, ekonomi syariah juga banyak bergelut dengan analisis data, namun dikaitkan dengan beberapa ajaran Islam. Ilmu tersebut akan cocok diterapkan pada perbankan syariah yang mulai banyak muncul di Indonesia.


5. Ilmu Komunikasi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, selain punya kemampuan menghitung yang baik, karyawan bank juga harus punya skill komunikasi untuk menghadapi nasabah. Kemampuan tersebut jadi modal lulusan ilmu komunikasi untuk bekerja di bank sebagai teller atau customer service.

6. Administrasi Negara

Bermodalkan ilmu tentang pengelolaan administrasi, sudah dapat dipastikan bila lulusan administrasi negara punya skill menghitung yang mumpuni untuk bekerja di bank.

7. Akuntansi

Jurusan yang erat kaitannya dengan hitung-hitungan ini juga sudah dipastikan akan berguna bila bekerja di bank. Posisi seperti pengelola operasional, analis keuangan, hingga bekerja di bagian front office dapat dimasuki oleh lulusan kuliah jurusan IPS ini.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1810 seconds (0.1#10.140)