Jurusan IPS Bisa Jadi Apa? Ini 10 Pilihan Jurusan Kuliah dan Prospek Kerjanya

Jum'at, 07 Januari 2022 - 00:32 WIB
loading...
Jurusan IPS Bisa Jadi Apa? Ini 10 Pilihan Jurusan Kuliah dan Prospek Kerjanya
Jurusan perpajakan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Bagi siswa SMA Kelas 12 pasti banyak yang bertanya-tanya kira-kira jika memilih jurusan IPS apakah mendatangkan peluang kerja yang terbuka luas untuk masa depannya. Pertanyaan ini wajar terlebih memilih jurusan untuk kuliah itu bukanlah perkara yang gampang.

Dalam hal memilih jurusan, banyak anak yang kemudian bertanya ke teman-temannya. Atau kalau tidak cocok dengan pilihan temannya, mereka browsing di internet untuk mencari informasi sebanyak mungkin untuk mencari jurusan pilihannya.



Bertanya kepada orang tua pun bisa dilakukan untuk mendapat sudut pandang berbeda dalam menetapkan jurusan yang ingin dipilih. Namun setelah sekian banyak bertanya dan mencari perlu ditanya kembali dalam hati apakah saran dan masukan tentang jurusan itu sesuai dengan pilihan diri sendiri, minat ataupun bakat.

Buat kamu anak-anak SMA kelas 12 yang lagi bertanya-tanya kira-kira jurusan IPS bisa jadi apa aja sih? Berikut ini pilihan jurusan dan gambaran peluang kerjanya yang bisa dipertimbangkan melansir laman gokampus.com, Kamis (6/1/2021).

1. Ilmu Komunikasi
Jurusan kuliah yang cocok untuk anak IPS yang pertama adalah jurusan ilmu komunikasi. Meskipun jurusan ini banyak yang bilang cuma untuk anak-anak yang jago ngomong, ini salah besar!

Selain membahas tentang medium yang digunakan untuk berkomunikasi, di jurusan ini juga akan belajar banyak hal seputar dunia politik, sains, menulis berita, fotografi, bahkan sampai diminta untuk membuat program acara TV. Pada intinya, mahasiswa jurusan ini akan belajar banyak hal mengenai aspek-aspek komunikasi maupun teori dan praktik.

Prospek kerja: penulis, presenter, jurnalis, public relations, hubungan masyarakat,dan lain-lain.



2. Psikologi
Jurusan psikologi juga merupakan salah satu incaran anak IPS setiap tahunnya. Jurusan ini akan mempelajari banyak hal mengenai mental, pikiran, dan perilaku manusia. Jurusan ini juga akan meneliti alur pemikiran dan alasan di balik perilaku yang kita lakukan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2009 seconds (0.1#10.140)