Lulusan Jurusan Biologi, Ini Potensi Kerja dan Kisaran Gajinya

Selasa, 04 Januari 2022 - 16:33 WIB
loading...
Lulusan Jurusan Biologi, Ini Potensi Kerja dan Kisaran Gajinya
Laboratorium. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Bagi calon mahasiswa yang ingin mengambil jurusan biologi tidak usah khawatir mau kerja jadi apa di masa depan. Sebab prospek kerja di salah satu jurusan di fakultas MIPA ini ternyata memiliki peluang kerja yang luas dengan gaji yang menarik.

Sesuai dengan namanya, mahasiswa jurusan biologi ini akan mempelajari ilmu tentang makhluk hidup, manusia, hewan, tumbuhan, dan mikroba.



Beberapa subyek yang dipelajari adalah struktur dan anatomi organisme, genetika, fisiologi, ekologi, perilaku, dan sel molekul yang terdapat pada setiap makhluk hidup.

Ilmu biologi juga termasuk prodi yang sebenarnya menarik untuk didalami. Sebab, jika jurusan lain hanya seputar konsep atau hitung-hitungan semata maka berbeda dengan biologi.

Biologi akan mengajak mahasiswa untuk memahami banyak hal tentang organisme hidup. Termasuk bisa memahami mengenai seluk beluk makhluk hidup mulai dari unit terkecil alias sel hingga ke ragam spesies yang ada.



Lalu, bagaimana dengan peluang atau prospek kerja biologi? Berikut ini ada 10 prospek kerja biologi yang perlu diketahui lengkap dengan perkiraan gajinya melansir dari laman renesia.com.

1. Guru
Yang pertama, lulusan sarjana Biologi bisa memilih karier sebagai seorang guru di SMP atau SMA. Kamu bisa memulai langkah menjadi guru honorer atau lembaga bimbingan belajar. Selain itu jika bisa mengikuti tes CPNS dan berhasil, gaji pokok dan tunjangan bernilai jutaan akan menjadi satu keuntungan tersendiri. Rata-rata gaji yang diterima oleh guru yaitu sekitar Rp3,5 juta per bulan.

2. Dosen
Menjadi dosen di Perguruan Tinggi bisa menjadi pilihan masa depan. Namun untuk menjadi dosen diperlukan melanjutkan pendidikan hingga jenjang S2 atau S3 sebab dosen dituntut memiliki wawasan yang luas. Tak heran kalau gaji, tunjangan dan insentif sangat menggiurkan. Gaji yang diterima oleh dosen yaitu sekitar Rp5 juta per bulan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1077 seconds (0.1#10.140)