Mengenal Lebih Dekat Universitas Islam Internasional Indonesia

Senin, 17 April 2023 - 17:23 WIB
loading...
Mengenal Lebih Dekat Universitas Islam Internasional Indonesia
UIII merupakan universitas baru di Indonesia yang sudah memulai kuliah perdananya pada 27 September 2021. Foto/Dok/UIII
A A A
JAKARTA - Universitas Islam Internasional Indonesia ( UIII ) merupakan universitas baru di Indonesia yang sudah memulai kuliah perdananya pada 27 September 2021.

Kampus ini didirikan berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 57 Tahun 2016 yang ditandatangani Presiden Joko Widodo pada 29 Juni 2016 dengan status Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum ( PTN BH ).



UIII terletak di Komplek Pemancar RRI Cimanggis, Jalan Raya Bogor, Kelurahan Cisalak, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. Semula lahan itu merupakan milik LPP RRI.

Pembangunan UIII mulanya ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Presiden Joko Widodo pada 5 Juni 2016. UIII merupakan kampus yang menawarkan berbagai program akademik yang fokus pada studi Islam dan dunia Muslim.

Indonesia memang bukan negara Islam, tetapi menjadi negara yang mayoritas masyarakatnya beragama Islam. Islam di Indonesia sejauh ini bergerak sejalan dengan modernitas.



Para ulama, cendekiawan, akademisi, dan politisi juga selalu berusaha untuk mengembangkan pemahaman dan praktik Islam untuk mendorong kemajuan bangsa salah satunya dengan pendidikan.

Pendidikan, khususnya dengan fokus Islam, menjadi ujung tombak bagian dari upaya Indonesia untuk mempercepat modernisasi. Inilah latar belakang didirikannya Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII).

Saat ini UIII memiliki empat fakultas, yaitu Fakultas Studi Islam, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dan Fakultas Pendidikan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1795 seconds (0.1#10.140)