Pamerkan Hasil Riset dan Inovasi, Telkom University Hadiri FEKDI 2023 di JCC Jakarta

Senin, 08 Mei 2023 - 16:40 WIB
loading...
A A A
Hadir secara virtual, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menyampaikan kunci untuk terus tumbuh dan berkembang adalah inovasi dan kepercayaan.

Dua hal ini menjadi prioritas khususnya di bidang jasa keuangan. Ini menjadi guidance bagi Telkom University dalam mencitpakan inovasi keuangan digital ke depannya.

“Inovasi dalam penyediaan pembayaran berbasis digital serta keamanan dan perlindungan masyarakat. Inovasi dalam sistem pembayaran berbasis digital harus terus dikembangkan,” ucap Presiden Joko Widodo.

Adapun 6 produk inovasi pertama adalah Civitax, sebuah anjungan & aplikasi perhitungan pajak bagi pegawai untuk memudahkan pegawai saat hendak melaporkan SPT tahunan.

Produk kedua yaitu Agriradar, drone untuk memetakan unsur hara lahan perkebunan dan melihat kandungan nutrisi yang dibutuhkan. Inovasi ini membantu petani memperoleh hasil panen maksimal, diharapkan keuntungan yang diraih juga meningkat.

Untuk membantu meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM), pelaku usaha dapat menggunakan aplikasi Traino sebagai Training Management Software (TMS) untuk pengelolaan SDM.

Produk lain yaitu SiabDes, aplikasi yang membantu pencatatan dan penyusunan laporan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang memiliki fitur seperti jurnal, neraca dan laporan keuangan.

Selanjutnya ada Finkiddo, sebuah game interaktif untuk membantu anak-anak mempelajari pengelolaan keuangan sejak dini.

Terakhir adalah BNI Metaverse, hasil kolaborasi Tel-U dan Bank BNI yang mengembangkan platform metaverse untuk layanan perbankan secara virtual.

FEKDI 2023 merupakan event hasil kolaborasi antara Bank Indonesia dan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1595 seconds (0.1#10.140)