Ke Paris, Nadiem Tagih Tindak Lanjut Kerja Sama Pendidikan

Senin, 22 Mei 2023 - 16:16 WIB
loading...
Ke Paris, Nadiem Tagih Tindak Lanjut Kerja Sama Pendidikan
Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim melakukan kunjungan kerja ke Paris. Foto/BKHM.
A A A
JAKARTA - Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim melakukan kunjungan kerja ke Paris, Prancis. Selain bertemu dengan menteri bidang pendidikan, Nadiem juga menemui Senat Prancis .

Dalam kesempatan kunjungan kerjanya, Nadiem bertemu dengan Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Prancis Pap Ndiaye dan juga Menteri Pendidikan Tinggi dan Riset (Mendiktiris), Slyvie Retaileau di Paris, Prancis.

Pertemuan tersebut, kata Nadiem, bertujuan untuk menindaklanjuti kerja sama pendidikan antara Indonesia dan Prancis yang selama ini sudah berjalan.

“Tujuan pertemuan-pertemuan ini adalah untuk menindaklanjuti berbagai kerja sama yang sedang berjalan dan untuk membuka peluang baru kerja sama di bidang pendidikan,” ujar Nadiem dalam keterangannya, dikutip Senin (22/5/2023).

Baca juga: MAN 2 Kota Makassar Boyong 3 Best Strategi pada IRTC Kejurnas Robotika 2023

Nadiem menambahkan, di sana alumnus Harvard Business School ini juga turut mencanangkan kerja sama baru dengan menteri pendidikan Prancis. Hal ini, katanya, agar ada penjaminan masa depan terkait kerja sama tersebut.

“Ada beberapa poin pembahasan kerja sama baru yang tujuannya adalah agar peserta didik Indonesia mendapatkan manfaat nyata secara cepat dan pada nantinya mampu menjamin masa depan Indonesia,” imbuhnya.

Bersama Mendiknas Pap Ndiaye, Nadiem membahas agar Joint Working Group (kelompok kerja bersama) bidang pendidikan dasar dan menengah dengan Kemendiknas Prancis dapat menghasilkan manfaat nyata, utamanya soal pendidikan vokasi dan pusat pelatihan guru.

Di sisi lain, Mendiktiris Prancis menyampaikan optimismenya terhadap terobosan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Belajar setelah Menteri Nadiem menjelaskan peluang-peluang kerja sama yang tersedia.

Baca juga: Ciri-ciri Anak Cerdas dan Miliki IQ Tinggi yang Tak Disadari Orang Tua

Di Paris, Menteri Nadiem juga menghadiri pertemuan dengan Kelompok Persahabatan Prancis-Indonesia di Senat (dewan perwakilan rakyat) Prancis dan menyampaikan hasil-hasil pertemuan sebelumnya.

Para wakil rakyat Prancis tersebut menyatakan intensi mendukung secara legislasi maupun anggaran untuk pemerintah Prancis bekerja sama dengan Kemendikbudristek.

“Kami sangat tertarik dengan kemajuan yang dilakukan Anda (Mendikbudristek)," ungkap Senator Marc Philippe Daubresse yang menginginkan semakin bertambahnya pertukaran pengetahuan antar Indonesia dengan Prancis.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1748 seconds (0.1#10.140)