Sama-sama Sekolah Kedinasan Kemenhub, Ini Bedanya STIP dengan STPI

Rabu, 24 Mei 2023 - 05:10 WIB
loading...
A A A
Ketiganya ialah program D4 Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhan (KALK), Deck/Nautika, dan Teknika/Mesin.

Selain itu STIP Jakarta juga menyediakan program S2 dengan program studi Pemasaran, Inovasi, dan Teknologi serta prodi Teknik Keselamatan dan Resiko.

Baca juga: Perbedaan Akpol, Bintara, dan Tamtama Yang Harus Diketahui Lulusan SMA/SMK

Pada seleksi Sekolah Kedinasan 2023, STIP Jakarta membuka formasi 49 orang untuk program studi D4 Nautika dan D4 Teknika untuk lulusan SMA/MA IPA dan SMK Pelayaran Kapal Niaga.

Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Curug


Laman PPI Curug menjelaskan mengenai sejarah PPI Curug yang didirikan di Jakarta di daerah Gempol-Kemayoran pada 1952.

Sekolah kedinasan matra udara Kemenhub ini diberi nama Akademik Penerbangan Indonesia (API). Pada 1969 namanya berubah menjadi Lembaga Perhubungan Udara (LPU). Pada 1978 namanya berganti menjadi Pendidikan dan Latihan Penerbangan (PLP).

Pada tahun 2000 PLP berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI). Kemudian pada 2021, STPI Curug berubah bentuk menjadi Politeknik Penerbangan Indonesia-Curug (PPI).

Ada 10 prodi di PPI Curug yaitu, D4 Penerbang, D4 Teknik Pesawat Udara, D4 Teknik Navigasi Udara, D4 Teknik Listrik Bandara, D4 Lalu Lintas Udara.

Kemudian juga ada D3 Teknik Bangunan dan Landasan, D3 Teknik Mekanikal Bandar Udara, D3 Penerangan Aeronautika, D3 Pertolongan Kecelakaan Penerbangan, dan D3 Operasi Bandar Udara.

Pada Seleksi Sekolah Kedinasan 2023, PPI Curug yang beralamat diJalan Raya PLP Curug, Serdang Wetan, Kec. Legok, Tangerang, Banten ini membuka 48 formasi untuk D3 Operasi Bandar Udara dan D3 Pertolongan Kecelakaan Pesawat.
(nnz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1703 seconds (0.1#10.140)