3 Perbedaan Gelar dr dan Dr, Kenali dan Pahami

Rabu, 24 Mei 2023 - 17:39 WIB
loading...
3 Perbedaan Gelar dr dan Dr, Kenali dan Pahami
Perbedaan gelar dr dan Dr ini memang kerap membingungkan. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Perbedaan gelar dr dan Dr ini memang kerap membingungkan. Meskipun mengandung dua huruf yang sama, dua gelar tersebut memiliki makna yang berbeda.

Untuk itu penulisan untuk gelar ini harus sesuai dengan ejaan yang berlaku supaya tidak menimbulkan kesalahan persepsi.


Perbedaan Gelar dr dan Dr

Berikut tiga perbedaan gelar dr dan Dr, dimulai dari arti, asal gelar, hingga cara penulisan yang benar.

1. Arti

Arti dari gelar "dr" adalah dokter, yakni seseorang yang memiliki ilmu terkait berbagai macam penyakit dan cara menyembuhkannya. Sementara gelar "Dr" adalah doktor, merupakan gelar akademik yang diberikan pada lulusan program pendidikan Strata 3.

2. Asal Gelar

Gelar "dr" merupakan gelar profesi yang diberikan pada mahasiswa yang telah menyelesaikan pendidikan di program studi Kedokteran dan telah mengambil sumpahnya sebagai seorang dokter.

Sementara gelar "Dr" menurut KBBI adalah gelar kesarjanaan tertinggi yang diberikan oleh perguruan tinggi kepada seorang sarjana yang telah menulis dan mempertahankan disertasinya.


3. Penulisan

Perbedaan gelar dr dan Dr yang paling mencolok adalah dari penulisan huruf kapital di depan. Hal tersebutlah yang membuat pemaknaan gelar ini berbeda.

Dalam sebuah rumah sakit biasanya ada yang menuliskan gelar dokter sebagai "Dr". Hal ini tentu membuat bingung para pembaca dan berpikiran bahwa itu singkatan dari dokter yang telah menyelesaikan pendidikan S3.

Sebenarnya untuk penulisan yang benar bila itu merupakan seorang dokter yang telah menyelesaikan pendidikan S3 hendaknya ditulis dengan Dr.dr.(nama). Hal ini supaya tidak membuat bingung para pembaca.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1839 seconds (0.1#10.140)