Sosok Rts Kurnia, Mahasiswi Penyandang Tuna Daksa Asal Jambi yang Koleksi Banyak Prestasi

Kamis, 25 Mei 2023 - 12:40 WIB
loading...
Sosok Rts Kurnia, Mahasiswi Penyandang Tuna Daksa Asal Jambi yang Koleksi Banyak Prestasi
Rts Kurnia (tengah) saat berbagi cerita di acara Bincang Prestasi Talenta bersama Plt. Kepala Puspresnas, Hendarman. Foto/Puspresnas.
A A A
JAKARTA - Rts Kurnia membuktikan jika keterbatasan fisik bukan jadi penghalang untuk meraih prestasi. Nia adalah mahasiswi penyandang tuna daksa yang koleksi prestasinya telah mencapai jenjang kompetisi internasional .

Capaian prestasi tertinggi Nia ketika dia bersama dengan teman-temannya meraih perak pada 6th Penang International Halal Chef Challenge di Malaysia pada tahun 2019.

Lahir dari Keluarga Sederhana


Nia lahir di Padang namun besar di Jambi. Dia berasal dari keluarga sederhana. Ayahnya hanyalah pekerja swasta. Sedangkan ibunya membantu keluarga dengan berjualan ayam geprek.

Nia kecil memang sudah memperlihatkan bakat dan potensinya. Prestasinya dimulai sejak Nia duduk di kelas 3 SLB Negeri Prof Dr Sri Soedewi Masjchun Sofwan Jambi.

Baca juga: BINUS Percepat Transformasi Digital demi Wujudkan Rencana Strategis 2035

Prestasi Diraih Sejak Kelas 3 SDLB


Saat itu Nia sudah menunjukkan prestasinya dengan meraih Juara 2 Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) bidang Cipta dan Baca Puisi Jenjang SDLB Tingkat Provinsi Jambi 2013.

Dari banyak lomba yang ia ikuti, bidang tata boga yang mengantarkan Nia merebut prestasi internasional. Nia mengaku tertarik dalam dunia memasak sejak duduk di bangku SMPLB.

Nia mengungkapkan, saat itu sekolahnya mengadakan beberapa kelas keterampilan untuk siswa-siswi berkebutuhan khusus.

“Dari sekolah mengadakan semacam pelatihan, ada makeup, memasak, dan lain-lain. Awalnya aku coba ikut pelatihan memasak, lama-lama seru juga terus jadinya serius,” katanya, dikutip dari laman Puspresnas Kemendikbudristek, Kamis (25/5/2023).

Kue yang telah dia rias dikirim ke Lomba Kompetisi Siswa Nasional (LKSN) Bidang Tata Boga Provinsi Jambi. Tak disangka, karyanya meraih juara di pada 2018 lalu itu.

Dari Juara Provinsi Antarkan Nia ke Kompetisi Internasional


Perjuangan Nia untuk mewakili Jambi berlanjut hingga akhirnya pada tahun yang sama ia menjadi Juara 1 LKSN bidang Tata Boga jenjang SMPLB/SMALB Tingkat Nasional.

Baca juga: Syarat, Jadwal, dan Besaran Biaya Jalur Mandiri ISI Yogyakarta

Atas prestasinya di bidang Tata Boga inilah Nia memiliki kesempatan menjadi bagian delegasi Indonesia di ajang 6th Penang International Halal Chef Challenge di Malaysia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2031 seconds (0.1#10.140)