Tips Persiapan Biaya Kuliah ke Luar Negeri

Selasa, 30 Mei 2023 - 17:19 WIB
loading...
Tips Persiapan Biaya Kuliah ke Luar Negeri
Kuliah ke luar negeri. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Menempuh pendidikan ke jenjang perkuliahan menjadi rencana untuk sebagian besar siswa-siswi setamat dari sekolah menengah atas. Bukan hanya di luar negeri, universitas yang terdapat di luar negeri juga menjadi incaran calon mahasiswa.

Untuk kuliah di luar negeri, banyak hal yang perlu dipersiapkan. Salah satunya adalah persiapan biaya kuliah ke luar negeri.



Melalui saluran YouTube miliknya, Zhafira Aqyla, alumni Osaka University dan saat ini merupakan mahasiswa di Harvard, membagikan tips biaya persiapan kuliah ke luar negeri.

Biaya-biaya yang ia jabarkan bersumber dari pengalamannya yang pernah mendaftar S1 di Jepang.


Berikut tips persiapan biaya kuliah ke luar negeri:


1. Persiapan biaya kelengkapan berkas

Hal pertama yang harus dipersiapkan adalah biaya untuk persiapan berkas. Berkas-berkas yang perlu dikumpulkan seperti rekomendasi dari guru, personal statement, rapor/transkrip, dan sertifikat.

Pada tahap ini biaya yang dikeluarkan tidak terlalu banyak dan bisa diminimalisir. Tapi bukan berarti tidak mengeluarkan biaya sama sekali, karena berkas-berkas tersebut harus diterjemahkan ke bahasa Inggris.

Untuk menerjemahkan berkas-berkas, bisa menggunakan jasa penerjemah tersumpah. Dana yang dikeluarkan untuk jasa penerjemah tersumpah setidaknya Rp60.000 per halaman.

2. Persiapan biaya les dan ujian sertifikasi

Selanjutnya, yang harus dipersiapkan adalah biaya untuk persiapan ujian. Untuk daftar kuliah ke luar negeri, universitas meminta sertifikasi bahasa, seperti IELTS atau TOEFL. Selain itu, diperlukan pula sertifikasi standardisasi kualifikasi pendidikan, seperti SAT, GRE, atau GMAT.

Berdasarkan pengalamannya saat mendaftar S1 di Jepang, Zhafira mengambil dua tes yaitu IELTS dan SAT. Untuk les IELTS, biaya yang dikeluarkan sekitar Rp2.500.000, sementara ujiannya akan menghabiskan biaya Rp3.000.000. Les SAT butuh dana sekitar Rp3.000.000, sedangkan ujiannya sebesar Rp1.500.000.

3. Persiapan biaya pendaftaran universitas

Satu hal yang juga dikeluarkan oleh calon mahasiswa adalah biaya pendaftaran ke universitas di luar negeri. Hampir seluruh universitas menerapkan application fee yang harus dibayar oleh pendaftar.

Selain itu, beberapa universitas juga meminta berkas dengan bentuk hardcopy, sehingga pendaftar harus melakukan pengiriman berkas ke negara yang dituju.

Misalnya, seperti pengalaman Zhafira, application fee Osaka University tahun 2021 sekitar Rp2.000.000. Sedangkan pengiriman dokumen A4 dengan berat maksimal 1 kg butuh biaya sekitar Rp1.200.000.

4. Persiapan biaya keberangkatan

Setelah semua tahap dilalui dan seseorang diterima di universitas pilihannya di luar negeri, maka pos dana yang harus dipersiapkan adalah biaya keberangkatan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1687 seconds (0.1#10.140)
pixels