Tips Persiapan Biaya Kuliah ke Luar Negeri

Selasa, 30 Mei 2023 - 17:19 WIB
loading...
A A A
Pergi ke luar negeri untuk menempuh pendidikan dalam jangka waktu yang cukup panjang memerlukan visa pelajar. Oleh karena itu, calon mahasiswa harus membuat visa, yang tentu saja akan mengeluarkan biaya.

Untuk visa pelajar ke Jepang, Zhafira mengungkapkan besaran biaya yang dibutuhkan sekitar Rp300.000. Visa pelajar merupakan hal yang cukup penting di luar biaya yang mungkin akan dikeluarkan untuk keberangkatan.

Selain itu, termasuk ke dalam biaya keberangkatan adalah biaya akomodasi ke negara tujuan, mulai dari biaya tiket pesawat, kelebihan bagasi, sewa taksi atau kendaraan baik saat berangkat ke bandara maupun setiba di negara tujuan.

5. Meminimalisir biaya yang dikeluarkan

Zhafira menegaskan dalam segmen terakhir videonya bahwa total biaya yang sudah ia sebutkan bisa dikurangi lagi. Seperti halnya les IELTS dan SAT, bisa tidak dimasukkan ke anggaran biaya.

Hal ini karena ada beragam cara untuk belajar IELTS dan SAT, seperti dengan belajar otodidak dari buku. Atau, ada pula berkas yang tidak butuh diterjemahkan oleh penerjemah tersumpah.

Intinya, untuk menghemat biaya persiapan kuliah ke luar negeri, calon mahasiswa perlu memberikan usaha yang ekstra pada bagian-bagian tertentu.
(mpw)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4989 seconds (0.1#10.140)
pixels