Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Cover Letter dan Motivation Letter

Senin, 05 Juni 2023 - 15:21 WIB
loading...
Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Cover Letter dan Motivation Letter
Perbedaan cover letter dan motivation letter. Foto/Shutterstock.
A A A
JAKARTA - Meski banyak orang yang mengira sama, namun ternyata cover letter dan motivation letter merupakan dua hal yang berbeda. Keduanya kerap digunakan untuk melamar beasiswa dan melamar kerja .

Perbedaannya bisa dilihat dari beberapa hal, mulai dari isi, penggunaannya, hingga tujuan. Berikut perbedaan cover letter dan motivation letter.

Isi


Motivation letter adalah dokumen yang menjelaskan terkait motivasi guna mencapai tujuan. Isi motivation letter fokus kepada kepribadian, minat, serta tujuan seseorang melamar suatu posisi. Selain itu, isi motivation letter lebih panjang serta detail daripada cover letter.

Baca juga: Rektor Unair Jelaskan 2 Kuota Terbaru Penerima KIP Kuliah

Sementara, cover letter adalah dokumen yang berisi penjelasan mengenai pengalaman, keterampilan serta prestasi yang dimiliki.

Penggunaan


Biasanya motivation letter digunakan untuk mendaftar beasiswa, bergabung di organisasi non-profit, hingga menjadi volunteer atau sukarelawan. Berbeda dengan motivation letter, cover letter digunakan untuk melamar pekerjaan. Biasanya, cover letter dikirim bersamaan dengan dokumen melamar kerja lainnya seperti CV (curriculum vitae).

Baca juga: Ini Tips dan Trik Mendapatkan Informasi Beasiswa Luar Negeri

Tujuan


Motivation letter bertujuan untuk menjelaskan secara singkat motivasi seseorang sebagai pendaftar.

Tak hanya itu, motivation letter ini dibuat guna menyakinkan atau sebagai bahan pertimbangan lembaga pendidikan, lembaga, atau organisasi ketika menerima pendaftaran. Motivation letter juga sebagai syarat pendaftaran beasiswa.

Sementara itu, cover letter memberi gambaran rekruter terkait kualifikasi serta alasan seseorang melamar di posisi tertentu.

Demikian perbedaan motivation letter dan cover letter. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia SINDOnews.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2734 seconds (0.1#10.140)