FKIP UT-Pemkot Tangsel Berkolaborasi Tingkatkan Literasi Digital Guru

Jum'at, 09 Juni 2023 - 16:14 WIB
loading...
FKIP UT-Pemkot Tangsel Berkolaborasi Tingkatkan Literasi Digital Guru
Dekan FKIP UT Ucu Rahayu pada Pembukaan Abdimas FKIP-UT dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangsel. Foto/YouTube UT TV.
A A A
JAKARTA - Penggunaan aspek teknologi telah merambah semua bidang, tidak terkecuali di aspek pendidikan. Guru pun tidak boleh ketinggalan sehingga literasi digital guru perlu ditingkatkan.

Dalam hal ini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka (FKIP UT) bekerja sama dengan Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel) untuk meningkatkan literasi dan kemampuan digital para guru di Kota Tangsel.

Dekan FKIP UT Ucu Rahayu mengatakan, Pengabdian kepada Masyarakat merupakan salah satu tugas Tridharma perguruan tinggi dari seorang dosen. Dosen FKIP UT, katanya, pun wajib melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat minimal satu kali dalam setahun.

"Para dosen dapat berbagi pengetahuan, kompetensi, keahlian, serta kepakaran kepada masyarakat sekitar yang memerlukan," katanya pada Pembukaan Abdimas FKIP-UT dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangsel, melalui YouTube, Jumat (9/6/2023).

Baca juga: Perbandingan Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran Hewan di PTN Top Indonesia

Pengabdian ini , katanya, dilakukan sesuai dengan keahlian dan kompetensi dosen FKIP UT yang diwujudkan dengan peningkatan literasi dan kemampuan digital bagi guru di Tangsel.

Ucu menjelaskan, program ini mulai dilakukan Juni sampai dengan September 2023 dengan jumlah guru yang akan mengikuti program adalah sebanyak 150 guru.

Adapun tujuan dari PKM ini, ujarnya, yang pertama adalah meningkatkan pengetahuan guru dalam pemanfaatan bahan ajar digital untuk meningkatkan performa belajar siswa.

"Juga untuk meningkatan pengetahuan guru di Kota Tangsel dalam pemanfaatan sumber belajar online matematika dan sains dengan pendekatan pedagogical content knowledge," jelasnya.

Para guru nantinya juga akan mendapatkan pengetahuan dalam evaluasi pembelajaran. Dia menambahkan, tujuan program ini juga mencakup untuk meningkatkan literasi digital para guru di Tangsel melalui pelatihan pembuatan power point interaktif berbasis android.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1820 seconds (0.1#10.140)