Kisah Uut, Anak Buruh Tani Lulus Cum Laude di UNY dan Bercita-cita Menjadi Guru

Rabu, 14 Juni 2023 - 10:24 WIB
loading...
Kisah Uut, Anak Buruh Tani Lulus Cum Laude di UNY dan Bercita-cita Menjadi Guru
Mahasiswa UNY Tri Utami, anak dari buruh tani yang berhasil lulus cum laude dengan IPK 3,79. Foto/UNY.
A A A
JAKARTA - Kisah inspirasi kali ini datang dari mahasiswa UNY Tri Utami alias Uut. Meski hanyalah anak dari orang tua buruh tani namun dia membuktikan anak dari keluarga sederhana pun bisa kuliah dan mengejar cita-cita.

Lulus Cum Laude dengan IPK 3,79


Uut adalah mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) program studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB).

Gadis kelahiran Gunungkidul, 4 November 2001 itu berasal dari keluarga yang sederhana. Orang tuanya, Suradi dan Lasiyem bekerja sebagai buruh tani yang menggarap tanah desa dengan uang sewa per tahunnya.

“Kedua orang tua saya sudah sepuh karena berusia di atas 70 tahun dan tidak lulus SD,” kata Uut, anak bungsu dari 3 bersaudara, dikutip dari laman UNY, Rabu (14/6/2023).

Uut dinyatakan lulus dari FEB UNY dan yudisium pada 28 April 2023 dalam waktu 3 tahun 6 bulan saja. Uut juga mempersembahkan kepada ibu dan ayahnya gelar Cum Laude dengan Indeks Prestasi Kumulatif 3,79 sekaligus wisudawan terbaik program studi.

Baca juga: Cerita Perjuangan Ezri, Mahasiswa Asal Papua yang Sukses Tembus IISMA ke Italia

Jawab Cibiran Tetangga dengan Terus Berjuang untuk Kuliah


Kisah Uut menjadi lulusan terbaik UNY tidak semudah membalikkan tangan. Hanya karena dia anak buruh tani, cibiran tetangganya yang pesimis Uut tidak mungkin bisa kuliah hampir setiap hari mampir di telinganya.

‘Bila masuk SMA harus kuliah lho, apa sanggup orang tuamu menguliahkan?’ ‘Anak petani kok mau kuliah’ ‘Masuk SMK saja agar kelak langsung kerja’.

Itu segelintir ucapan para tetangganya yang membuat Uut nyaris putus asa dan menyerah. Namun Suradi dan Lasiyem tidak berhenti memberi semangat kepada anaknya untuk menuntut ilmu setinggi-tingginya.

"Bagaimanapun latar belakang kita, saya percaya pendidikan adalah sebuah hak. Tidak ada halangan untuk siapapun memperoleh pendidikan yang tinggi asal berusaha dan teguh dengan keyakinan," tuturnya.

Mengejar Cita Menjadi Guru


Uut sudah tahu ingin menjadi apa saat dewasa nanti, yaitu ingin menjadi guru. Menurutnya, menjadi guru memberikan dia kepuasan tersendiri untuk mengantarkan anak didik ke gerbang kesuksesan.

Baca juga: Cegah Pemalsuan, Unnes Gunakan Tanda Tangan Elektronik agar Ijazah Otentik

Saat lulus dari SMP tahun 2016 Uut mendapat Nilai Ebtanas Murni (NEM) yang cukup tinggi dan diterima di SMAN 2 Wonosari. Pada saat duduk di bangku SMA inilah cibiran mulai menimpanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3227 seconds (0.1#10.140)